spot_img
Sunday, May 19, 2024
More
    spot_img

    Dihadiri Jajaran Pemkab, Dandim 1424 Sinjai Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI

    More articles

    SINJAI – Kamis, 5 Oktober merupakan hari bersejarah bagi keluarga besar Tentara Negara Indonesia (TNI). Di tahun 2023, ini usia TNI genap ke-78 tahun.

    Momentum ini diperingati jajaran Kodim 1424 Sinjai dengan menggelar upacara peringatan HUT ke-78 TNI di halaman Makodim Sinjai, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (5/101) pagi.

    Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Kodim (Dandim) 1424 Sinjai Letkol Inf Sumardi, dan dihadiri Pj Bupati yang diwakili Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Irwansyahrani Yusuf.

    Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Sumardi dalam amanatnya, mengatakan peringatan HUT tahun ini mengangkat tema “TNI patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia Maju”.

    Tema ini kata dia, mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat mandiri, maju, dan sejahtera.

    “Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat ini adalah Pemilu serentak 2024 dimana akan dilaksanakan pemilihan presiden dan wakil presiden, kemudian anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah, yaitu 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kotamadya,” ucap Sumardi membacakan sambutan seragam Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.

    Lebih lanjut dikatakan, spektrum ancaman kedepan yang semakin luas dan komplek tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini.

    Sehingga, TNI dapat menjadikan kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya gentar tinggi di lingkungan strategis regional maupun global.

    “Penguatan budaya strategistragram TNI harus tetap menjadi pagar serta pondasi utama dalam pertahanan, yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat,” tambah Mantan Danyonif Raider 514/SY/9/2 Kostrad Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), ini.

    Sebelum mengakhiri amanatnya, Sumardi menitipkan sejumlah poin penting, seperti untuk terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, menjaga kepercayaan rakyat kepada TNI, ikuti peraturan, pedoman dan perintah yang telah diberi terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan demokrasi 5 tahunan.

    Poin penting lainnya adalah jalin komunikasi dengan baik Polri, lembaga, kementerian serta komponen bangsa lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang Aman, damai dan sejahtera.

    “Jaga nama baik TNI kemanapun berada selalu ingat bahwa tindakan seperti apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum. Selamat bekerja dan mengabdi untuk negara dan bangsa Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridhoi setiap langkah pengabdian kita demi bangsa dan NKRI yang kita cintai bersama,” jelasnya.

    Peringatan HUT ke-78 TNI dirangkaikan dengan penyerahan paket sembako kepada sejumlah Warakawuri di Kabupaten Sinjai.

    Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Kapolres Sinjai AKBP Fery Nur Abdullah, Kajari Sinjai Zulkarnaen, Ketua Pengadilan Negeri Sigit Susanto, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, kepala Desa, serta pengurus Kartika Candra Kirana Cabang 32 Kodim 1424 Sinjai. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest