spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTingkatkan Kompetensi Guru, Disdik Sinjai Gelar Diklat Berjenjang PAUD

    Tingkatkan Kompetensi Guru, Disdik Sinjai Gelar Diklat Berjenjang PAUD

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai terus melakukan upaya dalam peningkatan kapasitas tenaga pendidik atau guru di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

    Sama seperti yang dilakukan Disdik Sinjai untuk kepada tenaga pendidik atau guru tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Aula pertemuan Wisma Sanjaya, Senin (28/8/2023).

    Kegiatan ini adalah Diklat Berjenjang PAUD (Diklat Dasar) yang menyasar puluhan tenaga pendidik PAUD, dibuka Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sinjai, Irwan Suaib.

    Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Ketenagaan Disdik Sinjai, Abd. Wahid mengatakan, Diklat tersebut merupakan program pembinaan ketenagaan dan peningkatan kapasitas pendidikan yang akan berlangsung hingga tanggal 1 September 2023 mendatang.

    Diklat ini bertujuan untuk menerapkan konsep pendidikan anak usia dini, serta menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Termasuk, bagaimana dalam menyusun perencanaan pembelajaran.

    “Jadi ini peningkatan kapasitas guru sehingga guru dapat menerapkan cara belajar yang baik, memiliki etika, dan karakter sebagai guru dan tenaga kependidikan PAUD,” pungkasnya.

    Saat membuka Diklat ini, Kadisdik Sinjai, Irwan Suaib menegaskan bahwa Pendidikan Dasar adalah hal yang sangat penting dalam menentukan kualitas pendidikan selanjutnya. Momentum perkembangan anak tidak akan berulang, sehingga jika tidak diberikan pendidikan yang tepat dan berkualitas akan sangat merugikan masa depan anak.

    “Diklat Berjenjang PAUD ini, adalah bentuk usaha kita bersama dalam memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak kita,” ujarnya.

    Menurut Mantan Kepala Bappeda Sinjai, ini Guru PAUD sebagai mediator kepada peserta didik haruslah seorang yang berkarakter, memiliki kompetensi yang dipersyaratkan, berdaya saing, dan adaftif dalam menghadapi perubahan di era global.

    Profil Guru dan Tenaga Pendidikan Anak Usian Dini yang berkarakter, Kompeten dan kompetitif menjadi sebuah kebutuhan dalam proses pencapaian insan Kependidikan yang cerdas, berkarakter, dan kompetitif.

    Oleh karena itu para Guru PAUD setelah mengikuti Diklat Berjenjang sangat diharapkan memahami persoalan pendidikan anak usia dini dan metode pembelajaran yang tepat diterapkan pada pendidikan anak usia dini, termasuk memahami gizi, kesehatan, dan tahap perkembangan anak dengan maksimal.

    “Saya berharap agar diklat ini betul-betul membantu guru yang belum matang menjadi matang, yang tidak mampu mengelola sendiri menjadi mampu mengelola sendiri, dalam artian kompetensi guru semakin meningkat,” harapnya.

    Diklat Berjenjang PAUD sendiri menghadirkan Rusdiana, S.Pd, M.Pd, dan Muh. As’ad, SE, M.Si.Ak, sebagai pemateri dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Turut hadir Kabid PAUD Disdik Sinjai, Muhammad Ridwan. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts