spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSerahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis, Bupati ASA Berhasil Tuntaskan Program Prioritas

    Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis, Bupati ASA Berhasil Tuntaskan Program Prioritas

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Program unggulan yang menjadi skala prioritas yang digulirkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) khususnya di bidang pendidikan di tahun kelima kepemimpinannya masih terus direalisasikan.

    Sebut saja program bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis. Bantuan ini kembali diserahkan langsung oleh Bupati ASA kepada peserta didik baru di Halaman Sekolah UPTD SMPN 7 Sinjai, Selasa, (1/8/2023).

    Bupati ASA didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Irwan Suaib dan disaksikan para Kepala Sekolah SMP se-Kabupaten Sinjai dan sejumlah orang tua siswa.

    Dalam kesempatan itu, Bupati ASA mengungkapkan bahwa, sejak awal kepemimpinannya di Kabupaten Sinjai dirinya selalu mengedepankan pemenuhan pelayanan dasar bagi warga masyarakat khususnya di sektor kesehatan dan pendidikan.

    Sehingga kata dia, selaku pemerintah daerah selalu berupaya agar masyarakat di Kabupaten Sinjai dapat menikmati dan merasakan pelayanan dasar tersebut dengan pengeluaran biaya yang seminim mungkin. Salah satunya di sektor pendidikan melalui program pemberian bantuan seragam sekolah.

    Bupati ASA menyebut pemberian bantuan seragam sekolah ini adalah salah satu program prioritas yang tertuang dalam visi misi pemerintah Kabupaten Sinjai tahun 2018-2023, sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk meringankan beban pengeluaran orang tua siswa peserta didik baru.

    “Sudah hampir lima tahun lamanya kami menjabat sebagai Bupati di Sinjai, selama itupula kegiatan penyerahan perlengkapan dan seragam sekolah dilakukan setiap tahunnya ditingkat SD dan SMP. Selaku Kepala Daerah merasa bahwa apa yang telah kami lakukan dan programkan telah terealisasi. Semoga ini membawa dampak yang signifikan terhadap pendidikan di Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

    Dengan adanya program ini, Bupati ASA membeberkan bahwa ada beberapa hal yang ingin dicapai. Pertama untuk meringankan beban orang tua siswa-siswi baik ditingkat SD maupun SMP, kemudian untuk meningkatkan partisipasi sekolah dan semangat anak-anak agar lebih semangat melanjutkan pendidikan.

    “Dengan meningkatnya angka partisipasi sekolah dan anak-anak lebih semangat bersekolah kita berharap indeks Pendidikan di Sinjai semakin meningkat. Dan alhamdulilah setelah lima tahun, kami mendapatkan informasi dari BPS bahwa indeks pendidikan Kabupaten Sinjai meningkat setiap tahunnya,” jelasnya.

    Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib menyampaikan bahwa,
    salah satu Program Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Sinjai Periode 2018-2023 adalah pemberian pakaian seragam untuk siswa baru kelas 1 SD dan Kelas 7 SMP.

    Irwan merinci, total anggaran yang telah digelontorkan untuk program unggulan di bidang pendidikan, khususnya bantuan seragam sekolah gratis selama 5 tahun sebesar Rp14 miliar lebih dengan jumlah sebanyak 33.390 perlengkapan seragam sekolah.

    Masing-masing realisasi pada tahun 2019 sebanyak 3.531 untuk SD dan SMP sebanyak 3.216 dengan alokasi anggaran sebesar Rp2,7 miliar lebih. Tahun 2020 sebanyak 3.659 untuk SD dengan anggaran sebesar Rp1,4 miliar lebih dan SMP sebanyak 3.038 anggaran sebesar Rp 1,3 miliar lebih.

    Kemudian tahun 2021 sebanyak 3.618 untuk SD dengan anggaran sebesar Rp1,4 miliar lebih dan SMP sebanyak 3.003 dengan anggaran sebesar Rp1,3 miliar lebih. Tahun 2022 sebanyak 3.902 untuk SD dengan anggaran sebesar Rp1,6 miliar lebih dan SMP sebanyak 2.914 dengan anggaran sebesar Rp1,2 miliar lebih.

    Selanjutnya pada tahun 2023 sebanyak 3.479 untuk SD dengan anggaran sebesar Rp1,5 miliar lebih dan SMP sebanyak 3.030 dengan anggaran sebesar Rp1,4 miliar lebih. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts