spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaJelang Lebaran, Dinas Ketahanan Pangan Sinjai Jamin Stok Pangan

    Jelang Lebaran, Dinas Ketahanan Pangan Sinjai Jamin Stok Pangan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai menjamin ketersediaan berbagai komoditi pangan strategis menjelang Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

    Selain ketersediaan yang mencukupi hingga lebaran, harga pangan dipasaran saat ini masih relatif stabil. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sinjai Andi Himawan Saleh saat ditemui di Ruang kerjanya, Selasa (18/4/2023).

    “Kita pastikan stok pangan strategis menjelang lebaran aman dipasaran bahkan harganya masih tetap stabil meski ada beberapa komoditi mengalami sedikit kenaikan harga,” ujarnya.

    Menurutnya, pemantauan pangan strategis ini dilakukan tiap hari di pasar-pasar yang ada di Sinjai untuk memastikan ketersediaan stok dan harga yang berada di pasaran.

    Meski demikian, Andi Himawan tidak memungkiri bahwa harga bahan pokok masih sering fluktuatif, ada yang harganya turun namun ada pula yang naik.

    “Memang harga masih sering fluktuatif, jikapun terjadi kenaikan harga itu tidak signifikan dan masih batas kewajaran, apalagi sehari menjelang lebaran itu biasanya ada yang naik harganya. Tetapi untuk stok, saya kira aman hingga usai lebaran,” jelasnya.

    Beberapa komoditi pangan strategis yang telah dipantau seperti beras premium yang mengalami penurunan dari 12 ribu/kg saat ini turun menjadi 11 ribu/kg, beras medium saat ini juga dijual 12 ribu/kg.

    Selanjutnya, bawang merah Rp 40 ribu/kg, cabe keriting Rp 35 ribu/kg, cabe rawit Rp 40 ribu/kg, daging sapi Rp 120 ribu/kg, minyak goreng curah 14 ribu/liter, telur ayam ras Rp. 28.500 per/kg serta beberapa komoditi lainnya.

    Pemkab Sinjai juga telah bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk melaksanakan pasar murah dalam rangka memenuhi kebutuhan sembako untuk warga menjelang lebaran.

    Selain untuk menekan inflasi, pasar murah digelar untuk meningkatkan daya beli masyarakat serta mendorong kebangkitan UMKM di Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts