spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaUsai Parade, Calon Paskibraka Sinjai Ikuti Tes PIP Secara Online

    Usai Parade, Calon Paskibraka Sinjai Ikuti Tes PIP Secara Online

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Setelah dinyatakan lulus tahap seleksi parade beberapa waktu yang lalu, ratusan calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023 di Kabupaten Sinjai mengikuti tes Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

    Tes PIP secara daring atau online, ini berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sinjai pada, Selasa, (4/4/2023) pagi. Tes tersebut, dipantau langsung oleh unsur TNI-Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) serta panitia pelaksana rekrutmen calon paskibraka 2023.

    Kepala Kesbangpol Sinjai, Akbar mengatakan, salah satu tahapan yang menentukan keberhasilan peserta dalam mengikuti tes Paskibraka ini yakni menjawab soal PIP Paskibraka.

    Tujuan dari tes Pembinaan Ideologi Pancasila Paskibraka sendiri adalah untuk mengukur sejauh mana pengetahuan yang dimiliki oleh calon Paskibraka terkait pentingnya ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa.

    “Jadi untuk hari ini adalah tahapan seleksi PIP. Dan insya Allah akan dilanjutkan dengan seleksi tes intelegensi wawasan kebangsaan. Peserta sekarang yang ikut sebanyak 160 orang dari hasil seleksi parade yang dilaksanakan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

    Akbar menambahkan, calon anggota paskibraka yang akan diterima sesuai dengan formasi tahun 2023 di Kabupaten Sinjai sebanyak 70 orang. Mereka akan bertugas pada peringatan detik- detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang.

    Olehnya itu dia berharap seluruh peserta dapat mengikuti seluruh tahapan tes calon anggota paskibraka, termasuk PIP yang saat ini tengah berlangsung. Apalagi PIP ini salah satu persyaratan langsung dari badan pembinaan ideologi pancasila di pusat.

    “Harapan saya kepada seluruh siswa yang mengikuti tes calon anggota paskibraka tahun 2023, agar benar-benar mempersiapkan diri khususnya dalam menghadapi tahapan seleksi selanjutnya. Mudah-mudahan, Kabupaten Sinjai ada perwakilan untuk tingkat Provinsi maupun Nasional pada tahun ini,” pungkasnya.

    Sekedar diketahui, proses seleksi yang akan ditempuh oleh calon anggota Paskibraka dimulai dari tahap seleksi parade, meliputi tes fisik calon anggota Paskibraka, tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, tes kesemaptaan, tes peraturan baris-berbaris, dan tes kepribadian. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts