spot_img
Saturday, May 18, 2024
More
    spot_img

    Diperuntukan Untuk Kelompok Tani, DPKH Bakal Bangun Pengolahan Pakan Konsentrat Ruminansia dan Pakan Silase

    More articles

    SINJAI,- Sejumlah program strategis akan dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai pada tahun 2023 ini. Program yang dikemas dalam bantuan untuk kelompok tani bersumber dari beberapa penganggaran.

    Kepala DPKH Sinjai, H. Burhanuddin membeberkan, beberapa program yang akan dilaksanakan diantaranya, pembangunan dua unit pengolahan pakan Konsentrat Ruminansia untuk kelompok tani Coppenge dan Salenrang di Desa Palae, Kecamatan Sinjai Selatan.

    Selanjutnya pembangunan 7 unit Pengolahan Pakan Silase untuk kelompok tani Afareng, Desa Massaile, Kecamatan Tellulimpoe, kelompok tani Bentengnge Desa Biroro, Kecamatan Sinjai Timur, kelompok tani Bongkina Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat.

    Kelompok tani Falompeng Desa Bulu Tellue, Kecamatan Bulupoddo, kelompok tani Samaenre Desa Biji Nangka, Kecamatan Sinjai Borong, kelompok tani Siamasei Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpoe, kelompok tani Samaturue, Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan.

    Bantuan pembangunan pengolahan pakan konsentrat ruminansia dan pakan silase ini menelan anggaran Rp380 juta untuk masing-masing unit. Beberapa syarat harus dipenuhi oleh kelompok tani, sehingga menerima bantuan tersebut.

    “Pertama diwilayah yang bersangkutan harus banyak sapi.
    Kemudian kalau untuk pakan silase disamping populasi yang bersangkutan mereka harus punya minil 2 hektare lahan karena yang mau dibuat silase itu rumput segar yang akan diawetkan,” ungkapnya saat ditemui, Kamis, (30/3/2023).

    Burhanuddin menambahkan, bantuan pengolahan pakan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan hasil perjuangan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang melakukan loby atau komunikasi ke pemerintah pusat.

    Terlebih, Bupati ASA memiliki komitmen yang besar agar populasi sapi potong bisa lebih berkembang di Kabupaten Sinjai.

    “Jadi selama ini, kan salah satu kendala didalam pengembangan sapi potong adalah ketersediaan pakannya, jadi inilah yang kita dukung bagaimana supaya ketersediaan pakan di beberapa wilayah itu bisa terpenuhi,” pungkasnya.

    Selain bantuan pembangunan pengolahan pakan ternak, DPKH Sinjai juga akan menggulirkan sejumlah bantuan lainnya kepada beberapa kelompok tani yang ada di Bumi Panrita Kitta.

    Diantaranya, bantuan pembangunan jalan usaha tani di Desa Saotengah, Kecamatan Sinjai Tengah pada kelompok Panggesoreng dengan anggaran sebesar Rp285 juta. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest