spot_img
Thursday, February 22, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTermasuk Lansia Provinsi, Kuota Haji di Kabupaten Sinjai Tahun Ini 224 Orang

    Termasuk Lansia Provinsi, Kuota Haji di Kabupaten Sinjai Tahun Ini 224 Orang

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah menetapkan Kuota Haji Indonesia 1444 Hijriah/2023 Masehi. Hal itu berdasarkan surat keputusan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dalam surat keputusan tersebut ditetapkan bahwa kuota haji Indonesia 1444 H berjumlah 221.000.

    Kepala Kantor Kemenag Sinjai, H. Jamaris mengatakan bahwa, kuota haji untuk Kabupaten Sinjai yang akan berangkat ke Arab Saudi untuk menjalani ibadah haji pada 2023 sebanyak 224.

    “Berdasarkan pembagian kuota jumlah jemaah haji reguler untuk Kabupaten Sinjai tahun 2023 sebanyak 221 orang. Kemudian ada tambahan lansia Provinsi 3 orang, sehingga total 224 orang,” ungkapnya saat ditemui, Selasa, (28/3/2023).

    Total tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 107 kuota. Jamaris menambahkan, jumlah itu masih menggunakan kuota lama, kecuali pada tahun 2022 lalu, karena masih pandemi Covid-19 sehingga jemaah haji yang berangkat hanya 100 lebih.

    “Sebenarnya dari kuota normal kita biasanya 234 tetapi karena tahun ini ada 5% kuota jemaah ditarik menjadi kuota lansia provinsi sehingga kita mengalami penurunan kuota semestinya,” katanya.

    Lebih lanjut Jamaris mengatakan bahwa saat ini tengah berjalan beberapa tahapan, diantaranya adanya kebijakan persyaratan rekam biometrik sebagai syarat pemvisaan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023.

    “Alhamdulillah sekarang tahapannya hari ini kita sudah mengundang beberapa jemaah kita untuk uji coba rekam biometrik yang biasanya dilakukan di asrama Makassar, maka tahun ini akan dilakukan secara online di Kabupaten masing-masing,” kata dia.

    Bahkan Jamaris mengaku telah menyampaikan ke pihak calon jemaah yang tidak memungkinkan datang di Kantor Kemenag, maka untuk memperlancar perekaman itu, pihaknya akan mendatangi langsung kediaman calon jemaah.

    “Termasuk teman teman kesehatan sudah melakukan tes kebugaran terhadap jemaah kita sambil menunggu rampung teman teman CJH melakukan pemeriksaan awal di masing-masing Puskemas di daerah, Insya Allah sebelum pemberangkatan akan dilakukan pemeriksaan tahap kedua oleh Dinas Kesehatan,” pungkasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts