spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMulai Digelar, STQH Ke-VI Tingkat Kabupaten Sinjai Pertandingkan 4 Cabang Lomba

    Mulai Digelar, STQH Ke-VI Tingkat Kabupaten Sinjai Pertandingkan 4 Cabang Lomba

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Ke-VI (6) Tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2023 resmi dimulai. Event keagamaan ini akan dipusatkan di Masjid Islamic Center Tanassang mulai tanggal 13-16 Maret mendatang.

    Pelaksanaan STQH ditandai dengan diselenggarakannya pembukaan secara seremonial oleh Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong, Senin (13/3/2023) malam.

    Ketua panitia STQH, Andi Reza Amran yang juga selaku Plt. Kabag Kesra Setdakab Sinjai menjelaskan, ada 4 cabang lomba yang akan dipertandingkan. Mulai dari cabang lomba seni baca Al-Qur’an, tafsir Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an, dan hafalan hadis.

    Untuk cabang seni baca Al-Qur’an terdiri atas 2 golongan, yakni tilawah anak-anak dan dewasa. Kemudian, hafalan Al-Qur’an terdiri atas kategori 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

    Sedang, cabang lomba hafalan hadis terdiri dari golongan hafalan 500 hadis tanpa sanad dan hafalan 100 hadis dengan sanad.

    “Pada pelaksanaan STQH tahun ini, kita melibatkan 21 orang dewan hakim untuk menilai para peserta. Dewan hakim tersebut merupakan para profesional dan telah memiliki pengalaman,” jelasnya.

    Sementara, Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong dalam sambutannya, mengharapkan agar STQH dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW.

    “Melalui STQH diharapkan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak henti-hentinya belajar membaca, menghafalkan, dan mengamalkan Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya.

    Pada pembukaan STQH, turut dihadiri para Pimpinan Forkopimda, serta kafilah dari 9 kecamatan. Melalui kegiatan ini, juga dilakukan penyerahan piala bergilir STQH oleh Camat Sinjai Utara H. Sofwan Sabirin selaku juara umum STQH Ke-V tahun 2021 kepada Wakil Bupati.

    Selanjutnya, Wakil Bupati menyerahkan piala bergilir STQH kepada Ketua panitia Andi Reza Amran untuk kembali diperebutkan pada ajang STQH Ke-VI tahun 2023. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts