spot_img
Friday, June 2, 2023
More
    spot_img
    HomeBeritaHarapan Warga Desa Kampala Nikmati Jalan Mulus Sejak Puluhan Tahun Terwujud di...

    Harapan Warga Desa Kampala Nikmati Jalan Mulus Sejak Puluhan Tahun Terwujud di Pemerintahan Bupati ASA

    -

    SINJAI – Masyarakat Kabupaten Sinjai patut bersyukur. Pasalnya, program pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Sinjai hingga memasuki tahun kelima kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus berlanjut di tahun 2023.

    Hingga tahun 2022 saja tercatat 276 Kilometer (Km) jalan telah dituntaskan Bupati ASA. Baik membuka wilayah terisolir hingga mempermudah akses jalan ke destinasi wisata.

    Salah satu jalan yang kini telah dirasakan atau dinikmati masyarakat adalah ruas Waepelllae – Bongki Lengkese. Akses jalan mulus yang terletak di Dusun Pao, Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur, ini ternyata telah dinanti warga setempat kurang lebih 30 tahun.

    Ilham salah seorang warga setempat mengaku bersyukur di masa kepemimpinan Bupati ASA, jalan yang menghubungkan obyek wisata Waepelllae di Desa Kampala dan Desa Bongki Lengkese telah bisa dinikmati masyarakat. Akses jalan tersebut baru saja rampung di akhir tahun 2022.

    “Sejak kecil sampai sekarang, baru tahun lalu dikerja ini jalan, setelah diterjang banjir bandang jalan di sini semakin rusak sampai sebelum dibangun tahun lalu,” beber Ilham yang ditemui di pinggir sawahnya, Sabtu (11/3/2023).

    Menurutnya, jalan mulus ini memberi makna yang cukup besar bagi warga setempat. Pasalnya, akses mulai lancar. Mobilitas petani untuk mengangkut benih hingga gabah dan hasil pertanian mereka kini semakin mudah.

    “Dulu saya setengah mati pikul gabah atau benih karena mobil tidak bisa sampai di sini. Sekarang anak muda juga nongkrong setiap sore, sudah ramai,” sambungnya.

    Selain memudahkan akses ke lokasi wisata Waepellae, jalan ini kini menjadi jalur utama warga Kampala dan Sinjai Tengah menuju Kota Sinjai. Terutama para pegawai dan pekerja yang aktivitasnya di kota. Sebab, jaraknya lebih dekat dibandingkan memutar ke jalan poros provinsi (Tondong).

    “Kalau lewat poros biasa dapat sweeping di pertigaan kampala, lewat sini bebas tilang, jalan juga mulus,” kata Ilham sembari tertawa.

    Oleh karena itu, dia mengucapkan terima kasih atas perhatian Bupati Sinjai terhadap desanya. “Kami sangat bersyukur. Terima kasih pak Bupati programnya sudah kami rasakan, ini sangat bermanfaat bagi kami,” jelasnya.

    Diketahui peningkatan infrastruktur jalan Bupati ASA di tahun 2022 menyentuh 17 ruas jalan. Total anggaran yang digelontorkan untuk sektor ini sebesar Rp68,9 miliar lebih yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID), dan Dana Hibah Pemprov Sulsel.

    Sementara tahun ini, Bupati ASA telah menyiapkan anggaran sebesar Rp82,4 miliar lebih hanya untuk pembangunan infrastruktur jalan dan pemeliharaan jalan di Bumi Panrita Kitta’. (Tim Website)

    Related articles

    Stay Connected

    0FansLike
    0FollowersFollow
    2,915FollowersFollow
    0SubscribersSubscribe

    Latest posts