spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSiswa SMPN 1 Sinjai Belajar Wirausaha Ke Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan...

    Siswa SMPN 1 Sinjai Belajar Wirausaha Ke Sentra IKM Pengolahan Hasil Perikanan di Lappa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – UPTD SMPN 1 Sinjai mengemas kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) secara berbeda dari proyek sebelumnya. Kali ini, siswa melakukan kunjungan ke Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Pengolahan Hasil Perikanan di Larea-rea Kelurahan Lappa, Rabu (8/3/2023).

    Kepala SMPN 1 Sinjai Syamsul Rijal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka dalam upaya mendidik karakter anak melalui sebuah kegiatan ekstrakurikuler berbasis proyek. 

    “Kami sengaja memilih berkunjung ke UPTD Sentra Pengolahan Hasil Perikanan karena relevan dengan tema P5 yang kami ambil yaitu Kewirausahaan. Kita perlihatkan seperti inilah kehidupan nyata ketika berwirausaha sehingga tumbuh jiwa wirausaha mereka sejak dini,” jelasnya.

    Dipilihnya lokasi ini sebagai pusat kunjungan sebab Kabupaten Sinjai sangat dikenal dengan kekayaan potensi ikan, terlebih orang tua siswa juga banyak yang berprofesi di sektor perikanan.

    “Harapan kami, para siswa kami bisa memahami cara pengolahan produk dari bahan dasar ikan sehingga kedepan mereka juga bisa menghasilkan produk olahan ikan dan hasilnya disajikan dalam kegiatan expo hasil karya di sekolah,” jelasnya.

    Sementara itu Kepala UPTD IKM Sentra Pengolahan Hasil Perikanan Abdul Wahid menyampaikan apresiasi dan mendukung dengan adanya kunjungan dari siswa SMPN 1 Sinjai.

    “Pendekatan siswa kepada dunia entrepreneurship sangatlah bagus untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda,” ungkapnya.

    Dalam kesempatan tersebut para siswa diberikan materi dan melihat langsung proses pengolahan ikan menjadi bakso, abon ikan, siomay, otak-otak, nugget dan produk lainnya.

    Kegiatan outing class ini berlangsung selama dua hari hingga Kamis (9/3/2023) besok yang diikuti sebanyak 254 siswa kelas VII dan didampingi oleh 30 guru pembina. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts