spot_img
Saturday, February 24, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaLomba Gendrang Tradisional Hibur Pengunjung Pekan Budaya dan Sinjai Expo

    Lomba Gendrang Tradisional Hibur Pengunjung Pekan Budaya dan Sinjai Expo

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI,– Berbagai lomba kebudayaan ditampilkan secara bergantian di Panggung Utama Pekan Budaya dan Sinjai Expo, Lapangan Sinjai Bersatu.

    Pada Jumat (24/2/2023) malam, lomba gendrang tradisional menjadi sajian tontonan warga yang berada di arena Pekan Budaya dan Sinjai Expo Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke-459.

    Gendrang tradisional ini adalah salah satu kategori lomba budaya dari 4 kategori lainnya yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai bekerjasama DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Sinjai.

    Ada 9 kecamatan yang mengutus peserta masing-masing satu kelompok untuk menampilkan atraksi “maggendrang”. Penanggung jawab lomba, Nur Syamsu menyebut masing-masing kecamatan telah mengadakan babak penyisihan.

    “Jadi semua perwakilan kecamatan telah melalui babak penyisihan di kecamatan masing-masing. Semua juara lomba di 4 kategori, termasuk lomba gendrang tradisional ini dihadirkan di panggung utama untuk berlaga di babak final,” jelasnya.

    Nur Syamsu juga menyampaikan, lomba kebudayaan ini digelar selain untuk menyemarakkan Hari Jadi Sinjai (HJS) Ke-459, pihaknya juga ingin menggali kembali nilai-nilai tradisional yang ada di masyarakat.

    Apalagi ia menilai khusus untuk gendrang tradisional ini di Kabupaten Sinjai memiliki beberapa aliran, seperti gendrang botting, gendrang suku bajo dari Pulau Sembilan, gendrang sanro dari Karampuang Kecamatan Bulupoddo.

    “Kita ingin menggali kembali nilai-nilai tradisional yang ada di masyarakat yang selama ini kurang dimunculkan. Mudah-mudahan ini bisa menjadi momen untuk memperkenalkan kekayaan budaya kita kepada masyarakat khususnya kalangan anak muda,” harapnya.

    Selain lomba gendrang tradisional, ada 3 kategori lomba budaya lainnya yang dilaksanakan pada momen peringatan HJS tahun 2023 ini, yakni lomba tari kreasi tradisional, lomba cerita rakyat, dan lomba barzanji. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts