spot_img
Thursday, February 22, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDibuka Bunda Literasi, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Mendongeng Semarak Februari HJS ke-459

    Dibuka Bunda Literasi, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Mendongeng Semarak Februari HJS ke-459

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Sebanyak 22 peserta ikut bersaing pada lomba mendongeng (Storytelling) yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sinjai bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK.

    Lomba mendongeng semarak Februari dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459 dibuka langsung oleh Bunda Literasi Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, Kamis, (23/2/2023) di halaman Kantor Dispusip.

    Ketua Panitia, Hj. Kamriah menyampaikan lomba ini diikuti siswa-siswi sekolah dasar (SD)/madrasah ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Sinjai. Tujuannya, untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku.

    Selain itu, mengangkat dan mempopulerkan buku-buku cerita budaya daerah (lokal) yang mengandung nilai kehidupan yang baik serta membangun karakter bangsa. Serta mencari bibit-bibit generasi muda yang dapat menjadi panutan dalam menjalankan kebiasaan gemar membaca.

    Bunda Literasi Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto mendukung penyelenggaraan lomba mendongeng sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi anak-anak sebagai penerus generasi bangsa.

    “Mudah-mudahan kedepannya lomba ini dilaksanakan tidak hanya untuk memeriahkan Hari Jadi Sinjai, tapi kami mengharapkan kegiatan ini dapat terus terlaksana secara berkelanjutan dan berkesinambungan,” ungkapnya.

    Apalagi perkembangan kehidupan sosial masyarakat di era kemajuan teknologi saat ini kian dinamis, hal ini tentu menjadi sebuah tantangan untuk terus berjalan selaras dengan dinamika yang terus berakselerasi.

    “Pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK akan terus berupaya untuk mendorong peningkatan minat baca masyarakat melalui berbagai program kerja sesuai dengan segmentasi dan tingkatan usia masyarakat, baik itu berupa lomba dongeng/bercerita, kursus bahasa inggris, kelas public speaking, dan lain sebagainya,” ujarnya.

    Andi Nurhilda yang juga Ketua Tim Penggerak PKK menambahkan program-program tersebut sejalan dengan aktualisasi dari salah satu program PKK Kabupaten Sinjai, khususnya pokja II melalui program gelari pelangi (gerakan keluarga indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi) diantaranya adalah gerakan gemar membaca dan kampanye membaca.

    Lomba mendongeng tersebut dihadiri Plt Kepala Dispusip, Andi Ilham Abubakar, Plt Kepala Dinas Pendidikan Irwan Suaib serta guru pendamping peserta. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts