spot_img
Saturday, May 18, 2024
More
    spot_img

    Sepanjang 2022, Pelayanan Perizinan di DPMPTSP Mengalami Peningkatan Signifikan

    More articles

    SINJAI, – Jumlah perizinan yang dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sinjai selama tahun 2022 lalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

    Kepala Dinas PMPTSP, Lukman Dahlan mengungkapkan, sepanjang tahun 2022 perizinan berusaha yang diterbitkan sebanyak 2.897 dan perizinan non berusaha sebanyak 2.051.

    “Total perizinan yang kita dampingi dan terbitkan sebanyak 4.948 izin. Khusus dengan perizinan berusaha dengan 2.897 izin dan NIB yang dikeluarkan itu nilai investasinya mencapai 1,28 Triliun,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/1/2023).

    Memang kata Lukman, pelayanan perizinan baik izin berusaha maupun non berusaha mengalami peningkatan cukup signifikan. Pasalnya di tahun 2021 perizinan berusaha hanya 344 dan perizinan non berusaha sebanyak 1.486. Sehingga total di tahun 2021 hanya 1.830 izin.

    “Ada peningkatan yang sangat siginifikan atau lebih dari 100 persen,” jelasnya.

    Mantan Kabag Hukum Setdakab Sinjai juga menyampaikan bahwa, berdasarkan survei kepuasan masyarakat yang dilakukan selama dua kali dalam setahun, kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat juga tercapai.

    “Semester pertama di tahun 2022 IKM itu mendapatkan predikat A dengan nilai 95,2 persen dan semester kedua kembali naik menjadi 95,51 persen atau tetap dengan predikat A dan kualitas layanan sangat baik,” bebernya.

    Olehnya itu, Lukman bersyukur karena masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

    “Hasil survei ini dilakukan kepada semua pelanggan atau pemohon perizinan yang datang di DPMPTSP, mereka sebelum pulang diberikan kuesioner untuk memberikan penilaian terhadap bagaimana DPMPTSP memberikan pelayanan lalu kami bekerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengolahan datanya,” ujarnya.

    Survei kepuasan masyarakat dikatakan Lukman, dibutuhkan agar menjadi cermin bagi DPMPTSP untuk melihat apa yang masih kurang terkait dengan pelayanan DPMPTSP.

    “Insya Allah kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik sesuai dengan visi dan misi Bupati periode 2018-2023” pungkasnya. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest