spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaJadi Kebutuhan di Era Digital, Pemkab Sinjai Segera Bangun Ruang Command Center

    Jadi Kebutuhan di Era Digital, Pemkab Sinjai Segera Bangun Ruang Command Center

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, di bawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), segera memiliki ruang Command Center di tahun 2023. Kepastian pembangunan ruang Command Center baru disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur, Senin (16/1/2023).

    Menurut Mansyur, pembangunan Command Center menjadi kebutuhan krusial pemerintah daerah di era digital saat ini, utamanya dalam hal optimalisasi pengambilan keputusan kepala daerah, koordinasi, memonitor dan mengontrol kinerja OPD, titik-titik utama pelayanan publik yang diperlukan sebagai respon penyediaan informasi publik.

    “Command Center merupakan sarana informasi penyebarluasan informasi tentang pembangunan di Kabupaten Sinjai. Insya Allah dibangun tahun ini juga,” pungkasnya.

    Ruang Command Center, kata Mansyur bakal dibangun di pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai. Selain optimalisasi pengambilan kebijakan pimpinan, Command Center merupakan implementasi dukungan Pemkab Sinjai terhadap Satu data Indonesia.

    “Data yang ditampilkan juga nanti ada satu data Kabupaten Sinjai sebagai dukungan satu data Indonesia. Dari data itulah berfungsi mendukung kebijakan pak Bupati kedepan,” sambungnya.

    Pembangunan Command Center melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sinjai, sedang pemanfaatan serta Sumber Daya Manusia (SDM) Command Center akan diserahkan sepenuhnya ke Diskominfo dan Persandian Sinjai.

    “Untuk operasional dilaksanakan di Kominfo sebagai basic data, termasuk SDM yang akan menjadi operator dari Command Center tersebut,” tandasnya.

    Terpisah Kadis PUPR Sinjai, H. Haris Achmad membeberkan, pembangunan Command Center di Rujab Bupati tahun ini merupakan satu dari sejumlah pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sinjai.

    Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan Command Center tersebut adalah Rp3,5 miliar lebih.

    “Insya Allah segera dibangun. Commad Center adalah satu dari sekian pembangunan yang dilaksanakan di tahun 2023, dan ini menjadi salah satu monumental yang akan ditinggalkan pak Bupati di akhir periodenya,” jelasnya.

    Untuk diketahui, secara umum Command Center dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting.

    Termasuk menjadi sarana pendukung operasional pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan Command Center juga dijadikan sebagai salah satu ikon implementasi Smart City di suatu daerah. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts