spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaEmpat Tahun Terakhir, Bupati ASA Bangun dan Perbaiki Jalan Tani Sepanjang 85,41...

    Empat Tahun Terakhir, Bupati ASA Bangun dan Perbaiki Jalan Tani Sepanjang 85,41 Kilometer

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Salah satunya dengan mempermudah akses petani untuk membawa hasil produksi dari sawah melalui pembangunan dan perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT).

    Kepala Bidang Prasarana/Sarana dan Penyuluhan Pertanian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Surianti saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (10/1/2023) mengatakan hingga tahun keempat kepemimpinan Bupati ASA realisasi perbaikan dan pembukaan jalan tani sepanjang 85,41 kilometer (Km).

    Jumlah ini terdiri atas di tahun 2019 sepanjang 27,17 km, tahun 2020 sepanjang 24,08 km, kemudian tahun 2021 7,39 km dan di tahun 2022 sepanjang 26,77 km.

    “Berdasarkan target dari Bapak Bupati yaitu yaitu 20 km/ tahun atau sepanjang 100 km selama lima tahun. Alhamdulillah saat ini sudah mencapai persentase 85,41 persen,” kelasnya.

    Ia optimis target tersebut dapat dicapai mengingat Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali akan membangun sebanyak 11 paket jalan usaha tani pada tahun ini.

    “Tahun ini ada 11 paket atau kelompok tani yang mendapatkan perintisan atau perbaikan jalan tani dengan panjang total sekitar 20 km sehingga jika ini terealisasi maka target kita dapat tercapai bahkan terlampaui,” ungkapnya.

    Terkait hal ini, Bupati ASA mengatakan, jalan tani sangat bermanfaat untuk mendukung akses para petani dalam pengangkutan sarana produksi ke lokasi persawahan dan membantu mengakses pengangkutan hasil produksi dari lokasi ke pasar.

    “Terkadang banyak petani tidak menjual hasil pertaniannya karena tidak bisa mengangkut dari sawah atau kebun ke rumahnya atau ke pasar. Kalau jalan sudah bagus, maka bisa saja pembeli datang langsung ke sawah,” jelasnya.

    Selain itu dengan dibukanya jalan tani, maka akan mempermudah mobilisasi sarana produksi dan akses mobilisasi alat mesin pertanian (Alsintan) ke sawah. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts