spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBerita'Car Free Day' Pindah Lokasi Ke Kawasan Sport Center, UMKM Akan Dilibatkan

    ‘Car Free Day’ Pindah Lokasi Ke Kawasan Sport Center, UMKM Akan Dilibatkan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pasca dua tahun tidak digelar karena pandemi, Hari Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Kabupaten Sinjai bakal kembali diadakan.

    Hal ini terungkap dalam rapat pembahasan peraturan Bupati Sinjai nomor 26 tahun 2016 tentang kawasan pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor, bertempat di Ruang Pertemuan Gedung B Kantor Bupati Sinjai, Kamis (29/12/2022) siang.

    Rapat ini dipimpin oleh Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa dan dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar, para Kepala OPD terkait, Camat Sinjai Utara H. Sofwan Sabirin dan Ketua KNPI Sinjai Syahrul Paesa.

    Jika sebelumnya, lokasi Car Free Day (CFD) berada di jalan Persatuan Raya atau area Lapangan Nasional (Lapnas), maka Pemkab rencana akan memindahkan ke lokasi kawasan Sport Center atau area Stadion H.Andi Bintang.

    Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengungkapkan pemindahan lokasi CFD ini didasari dengan kondisi kawasan Sport Center yang nyaman dimanfaatkan untuk berolahraga dengan berbagai fasilitas yang sudah disiapkan.

    “Tadi kita sudah rapat dan memang ini juga menjadi arahan dari Bapak Bupati untuk memanfaatkan kawasan ini sebagai pusat olahraga dan kegiatan lainnya, apalagi kita sukses mengadakan Porprov di kawasan ini,” jelasnya.

    Lebih lanjut dikatakan, untuk pelaksanaan hari bebas kendaraan, pihaknya juga akan melibatkan para pelaku UMKM yang ada di Sinjai dalam memasarkan produknya serta memberi kebebasan kepada warga untuk beraktifitas termasuk memanfaatkan seluruh sarana olahraga yang ada di kawasan Sport Center tersebut.

    “Jadi CFD ini kita perluas manfaatnya selain untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mengurangi polusi udara, kita juga berupaya menggerakkan ekonomi masyarakat. Terlebih pasca pandemi ini pergerakan pelaku UMKM sangat besar dalam setiap even yang diadakan, ” katanya.

    Tidak hanya itu, setiap Sabtu malam (malam ahad) para pelaku UMKM ini diberi ruang untuk memperkenalkan dan memasarkan berbagai produknya di kawasan tersebut.

    “Car Free Day kita berlakukan setiap hari Ahad mulai pukul 06.00-10.00 wita. Namun di malam ahad kita berikan ruang UMKM untuk mulai berjualan kemudian lanjut lagi keesokan paginya,” imbuhnya.

    Mantan Kadis Pendidikan Sinjai ini menambahkan, pemberlakukan Hari Bebas Kendaraan ini rencananya akan mulai diadakan pada bulan Januari 2023 setelah Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur hal tersebut disahkan oleh Bupati Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts