spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTVRI Stasiun Transmisi Sinjai Diresmikan, Bupati ASA Harap Konten Siaran Mengedukasi Masyarakat

    TVRI Stasiun Transmisi Sinjai Diresmikan, Bupati ASA Harap Konten Siaran Mengedukasi Masyarakat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meresmikan pemanfaatan TVRI Stasiun Transmisi Sinjai dan Pemancar TV Digital yang dibangun oleh Kementerian Kominfo RI di Lingkungan Tanassang Kelurahan Alehanue, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (28/12/2022) sore.

    Dalam peresmian ini turut dihadiri oleh Koordinator Infrastruktur Penyiaran Pita Lebar Kemkominfo Indra Siswoyo, Kepala TVRI Stasiun Sulsel Jati Setyo Wahyu, Ketua KPID Sulsel Muh. Hasrul, para Forkopimda, Anggota DPRD Sinjai serta para Pejabat Pemkab Sinjai.

    Selain itu kegiatan ini dihadiri secara virtual oleh Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Marvels P. Situmorang dan Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno.

    Koordinator Infrastruktur Penyiaran Pita Lebar Kemkominfo Indra Siswoyo, dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur sarana pendukung dan pemancar TV digital ini mulai dilakukan sejak triwulan pertama tahun 2022.

    Pembangunan infrastruktur berupa pemancar siaran digital, lengkap dengan bangunan gedung, genset, menara, termasuk perangkat sistem digital diharapkan TV analog existing bisa beralih ke siaran digital.

    “LPP TVRI tersebut dibangun diluas lahan 1.500 meter persegi milik Pemkab Sinjai dengan daya pancar 1 kilo watt dan tinggi antena 75 meter. Alhamdulillah sesuai target diakhir tahun ini sudah bisa dioperasikan, ” jelasnya.

    Bupati ASA dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan menyambut baik kehadiran stasiun transmisi TVRI di Kabupaten Sinjai yang dapat memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat melalui siaran televisi digital dengan kualitas gambar dan suara jernih serta siarannya dapat dijangkau sampai ke pelosok Desa yang ada di Sinjai.

    Menurutnya, hadirnya siaran televisi digital dengan segala kelebihannya, tentu harus didukung dengan siaran yang positif dan hiburan yang mencerahkan masyarakat.

    “Oleh karena itu keberadaan TVRI sebagai lembaga penyiaran publik yang bersifat independen, netral dan tidak komersil, yang menjadi tugasnya memberikan pelayanan informasi, pendidikan dan hiburan yang sehat tentu diharapkan dapat memberikan perubahan yang baik terhadap perkembangan informasi, serta dapat memberikan informasi dan hiburan yang mengedukasi masyarakat,” jelasnya.

    Orang nomor satu di Sinjai ini juga menitipkan harapan kepada pihak TVRI agar dapat membangun sinergitas yang baik dengan Pemerintah Daerah khususnya dalam membantu Pemerintah Daerah dalam mempublikasikan program pembangunan.

    “Kami sangat mengharapkan infrastruktur TVRI yang sudah dibangun ini juga dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah, khususnya memberikan ruang penyediaan chanel bagi LPPL Sinjai TV. Kami minta petunjuknya supaya Siaran Sinjai TV ini juga sudah beralih ke digital dan bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat Sinjai,” harapnya.

    Sementara itu, Pelaksana Tugas Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Marvels P. Situmorang mengatakan, pembangunan transmisi digital oleh Kemkominfo merupakan bagian dari implementasi perubahan sistem penyiaran dari analog ke digital yang diatur dalam UU Cipta Kerja nomor 11 tahun 2020.

    Selain itu, juga merupakan bagian dari respon kita terhadap kemajuan teknologi global yang sudah mengharuskan Menerapkan teknologi penyiaran digital.

    “Ada 3 parameter yang jadi perhatian untuk menerapkan penyiaran digital ini yaitu kesiapan infrastruktur, program siaran (konten) serta kesiapan masyarakat dalam menerima siaran digital,” tutupnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts