spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPenjabat Sekda Sinjai Terima Kunker DPRD Sulsel, Bahas Pengelolaan PPI Lappa

    Penjabat Sekda Sinjai Terima Kunker DPRD Sulsel, Bahas Pengelolaan PPI Lappa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menerima dan mendampingi rombongan Komisi B DPRD Provinsi Sulsel dalam kunjungannya ke Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Lappa, di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (27/12/2022).

    Kunjungan kerja Komisi B DPRD Sulsel dalam rangka meninjau sekaligus menggali informasi terkait sistem pengelolaan PPI Lappa yang kini telah diserahkan dan menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sejak tahun 2020 lalu.

    Pada kesempatan itu, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa menegaskan meski penyerahan atau pelimpahan kewenangan PPI Lappa dari Kabupaten ke Provinsi telah dilakukan namun sampai saat ini belum ada kesepakatan pengelolaan.

    Penyerahan kewenangan diatur berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang peralihan kewenangan antara Kabupaten/Kota dan Provinsi.

    “Sampai hari ini kita belum ada kesepakatan yang kita bisa bangun dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Perikanan kelautan Provinsi karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Termasuk belum adanya Perjanjian Kerja sama dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” katanya.

    Olehnya itu, dia berharap kunjungan kerja Komisi B DPRD Sulsel ke PPI Lappa membuahkan hasil, serta dapat memperoleh peningkatan pengelolaan yang baik di Kabupaten Sinjai.

    “Mudah-mudahan kedepan PPI Lappa bisa lebih berkembang karena kita ketahui ini tidak hanya berkaitan dengan perikanan namun juga ada pelaku UMKM, ada juga dari Dinas perikanan dan lain-lain sehingga apa yang akan kita konsep terkait kerjasama dengan komisi B DPRD Provinsi Sulawesi Selatan ini berjalan sesuai apa yang diinginkan,” harapnya.

    Usai mendengar sejumlah gambaran pengelolaan PPI Lappa, Wakil Ketua Komisi B DPRD Sulsel, H. Syahrir mengungkapkan akan menindaklanjuti kunjungan kerja ini.

    Dalam waktu dekat, pihaknya bakal melaksanakan rapat dengar pendapat dengan sejumlah instansi terkait mengenai pengelolaan PPI Lappa yang menjadi kewenangan Provinsi.

    “Insya Allah kita akan laporkan ke pimpinan dan menindaklanjuti dengan RDP membahas pengelolaan PPI Lappa kedepan,” pungkasnya.

    Kunjungan kerja Komisi B DPRD Sulsel turut dihadiri Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikan Sulsel, Sekretaris Dinas Perdagangan Sulsel, serta Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts