spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBadan Penanggulangan Bencana DaerahPMI Gelar Simulasi Penyelamatan dan Pertolongan Pertama Korban Bencana Banjir

    PMI Gelar Simulasi Penyelamatan dan Pertolongan Pertama Korban Bencana Banjir

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sinjai menggelar simulasi penyelamatan dan pertolongan pertama pada korban bencana alam di air atau bencana banjir.

    Sebelum simulasi terlebih dahulu dilakukan apel pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kasdim 1424 Sinjai, Mayor Inf Yambo di Lapangan Sepak Bola Desa Pattongko, Kecamatan Tellulimpoe, Sabtu (24/12/2022). Selanjutnya, simulasi berlangsung di Pantai Karampuang.

    Wakil Ketua Bidang Bencana PMI Sinjai, Budiaman mengatakan, kegiatan simulasi ini merupakan program kerja PMI Kabupaten Sinjai dibawah nahkoda Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

    Simulasi tersebut, melibatkan personil dari Kodim 1424 Sinjai, Polres Sinjai, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan relawan PMI Sinjai.

    “Ini dalam upaya mengantisipasi perkembangan cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini terjadi hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan dan khususnya di Kabupaten Sinjai,” kata Budiaman.

    Dasar penyelamatan di air diambil pada simulasi itu, karena seperti diketahui wilayah Kabupaten Sinjai sebagian besar memiliki pesisir dan Daerah aliran sungai.

    Selain itu orientasi kegiatan ini dikatakan Kepala BPBD Sinjai juga mengarah pada arah kebijakan Pemerintah Daerah pada pelayanan, perlindungan dan penyelamatan.

    Sehingga simulasi yang dilaksanakan yakni cara penyelamatan dan pemberian pertolongan pertama terhadap korban, baik dalam kondisi sadar maupun tidak sadar

    “Alhamudillah semua hadir bersinergi untuk berkolaborasi di dalam upaya mempersiapkan diri memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh masyarakat kabupaten Sinjai, ketika terjadi bencana,” ungkapnya.

    Pada kesempatan itu, Budiaman juga menghimbau kepada masyarakat Sinjai untuk selalu siaga dan waspada terhadap perkembangan cuaca.

    Dia meminta, untuk senantiasa mengikuti perkembangan informasi yang disampaikan oleh BMKG yang dirilis setiap hari oleh pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana yang ada di BPBD Sinjai.

    “Ini kita tetap harapkan masyarakat sinjai dibawah bimbingan dan arahan pak Desa, babinsa, bhabinkamtibmas untuk senantiasa betul-betul siaga dengan kondisi yang ada,” pungkasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts