spot_img
Wednesday, April 17, 2024
More
    spot_img
    HomeBerita4 Tahun Direalisasikan Bupati ASA, Bantuan Sentuh 186 Kelompok Usaha Perikanan di...

    4 Tahun Direalisasikan Bupati ASA, Bantuan Sentuh 186 Kelompok Usaha Perikanan di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Peningkatan produksi di sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Sinjai menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah nahkoda Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

    Terbukti selama kurun empat tahun, Pemkab Sinjai melalui Dinas Perikanan telah menyalurkan ratusan bantuan kepada nelayan maupun kepada kelompok usaha perikanan yang ada di Bumi Panrita Kitta’ sebutan daerah Kabupaten Sinjai.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Sinjai, H. Haris Achmad mengatakan, upaya Bupati ASA dalam meningkatkan produksi nelayan di Kabupaten Sinjai tidak main-main. Hal itu dibuktikan dengan bantuan yang disalurkan setiap tahun meningkat.

    “Sudah empat tahun di kepemimpinan pak Bupati bantuan yang disalurkan setiap tahun. Bahkan meningkat dari tahun ke tahun,” pungkasnya belum lama ini.

    Dari data Dinas Perikanan Sinjai, jumlah bantuan yang telah disalurkan diantaranya bantuan kapal penangkap ikan dibawah 5GT sebanyak 51 unit, mesin kapal dibawah 5GT 22 unit, fish finder (alat pelacak ikan), lampu air garam dan alat navigasi sebanyak 278 unit.

    Termasuk rehabilitasi produksi pengolahan ikan sebanyak 2 unit, 19 paket sarana dan prasarana budidaya rumput laut, 28 paket budidaya air tawar, serta 13 paket budidaya air payau. Dengan total 186 kelompok usaha perikanan yang telah tersentuh.

    “Sudah 186 kelompok usaha perikanan yang merasakan bantuan ini. Jumlah bantuan dan penerima belum termasuk untuk tahun 2023 yang anggarannya meningkat dari Rp3 Miliar menjadi Rp6 miliar,” jelasnya.

    Sementara itu Bupati ASA, menegaskan jika bantuan kepada nelayan maupun kelompok usaha perikanan merupakan hal yang wajib dipenuhi pemerintah. Mengingat potensi di sektor kelautan dan perikanan Sinjai menjadi salah satu yang terbesar di Sulawesi Selatan (Sulsel).

    Sehingga, bantuan di sektor ini, kata Bupati ASA bakal terus dikucurkan untuk nelayan setiap tahun hingga masa jabatannya berakhir.

    “Ini akan terus kita upayakan, dan Alhamdulillah tahun depan sudah meningkat lagi anggarannya menjadi Rp6 miliar dari Rp3 miliar tahun ini. Mudah-mudahan semakin banyak nelayan maupun kelompok yang merasakan bantuan kedepan,” jelasnya usai menyerahkan bantuan bidang kelautan dan perikanan pekan lalu.

    Sebelumnya Bupati ASA, menyerahkan bantuan bidang kelautan dan perikanan untuk tahun anggaran 2022 di halaman Dinas Perikanan Sinjai pada Kamis (8/12/2022) lalu. Bantuan yang diserahkan itu berupa bantuan kapal dibawah 5 GT beserta mesin dan alat tangkapnya sebanyak 11 unit, mesin kapal dibawah 5 GT 11 unit, 6 buah GPS, 37 buah cool box, 10 buah fish finder, 5 buah lampu air garam.

    Bantuan lainnya berupa fasilitas sarana dan prasarana Unit Pengolahan Ikan (UPI), paket keselamatan pelayaran radio komunikasi 8 buah, paket produksi pakan mandiri berupa gedung produksi dan mesin pencetak pakan dan pengepul pakan. Selain itu, 8 paket pengembangan rumput laut berupa bibit, tali, jaring pelampung dan jangkar. Serta 8 paket pengembangan ikan air tawar berupa bibit ikan, pakan dan kolam. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts