spot_img
Saturday, May 18, 2024
More
    spot_img

    TVRI Siapkan Slot Siaran Digital Untuk Sinjai TV

    More articles

    SINJAI, РLembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI yang telah membangun stasiun pemancar digital di Kabupaten Sinjai membawa berkah tersendiri bagi LPPL Sinjai TV yang merupakan milik Pemkab Sinjai.

    Betapa tidak, LPP TVRI menyiapkan satu slot kanal siaran untuk dimanfaatkan Sinjai TV sehingga kualitas siaran yang dihasilkan jauh lebih baik dan jangkauan siaran lebih luas.

    Ketua Tim Transmisi TVRI Pusat Husin, Rabu (14/12/2022) mengatakan bahwa dengan daya power 1 kilowat jangkauan pemancar transmisi digital yang telah dibangun ini bisa mengkaver sebagian besar wilayah yang ada di Sinjai.

    “Kita sudah melakukan uji coba dan jangkauan yang bisa dicapai oleh stasiun pemancar ini hingga radius 30 km. Bahkan sebagian wilayah Kabupaten Bone bagian selatan siarannya diterima dengan baik,” katanya.

    Olehnya itu ia mengajak Sinjai TV yang selama ini masih memanfaatkan siaran analog untuk bergabung dalam multiplexing TVRI.

    Tidak hanya itu, ia mengajak lembaga penyiaran televisi swasta, TV lokal maupun TV komunitas yang sudah memiliki izin siaran untuk juga bisa memanfaatkan slot yang disiapkan oleh transmisi digital TVRI.

    “Jika ada mitra atau lembaga yang ingin bergabung bersiaran di multiplexing TVRI silahkan berkoordinasi dengan Bagian Pengembangan Usaha TVRI Pusat,” jelasnya.

    Saat ini lanjut Husin, siaran TVRI digital sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Sinjai dengan menghadirkan 4 kanal siaran yakni TVRI Nasional, TVRI lokal Sulsel, TVRI World dan TVRI Sport.

    Untuk mendapatkan siaran ini, masyarakat bisa menggunakan alat tambahan yaitu Set Top Box (STB) dan memasang antena TV biasa (UHF) yang lokasinya jauh dari pemancar.

    Sementara itu, Kepala UPTD Radio Suara Bersatu dan Sinjai TV, Mardiyah merasa bersyukur dengan dibangunnya stasiun TV pemancar digital di Kabupaten Sinjai.

    Terlebih Pemerintah Pusat secara bertahap saat ini mulai menghentikan siaran televisi analog dan beralih sepenuhnya ke siaran televisi digital.

    “Semoga tahun depan Sinjai TV juga sudah beralih ke siaran digital dengan memanfaatkan slot yang ada pada stasiun pemancar TVRI digital yang telah dibangun. Apalagi ini memang menjadi arahan dari Bapak Bupati agar Sinjai TV bisa bekerjasama dengan TVRI sehingga siaran Sinjai TV ini jangkauannya lebih luas lagi,” tandasnya.

    Jika tidak ada aral yang melintang, rencananya stasiun pemancar TVRI digital yang berlokasi di Lingkungan Tanassang Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara ini akan diresmikan pada tanggal 28 Desember 2022. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest