spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBahas Data Pertanian, Dinas TPHP Sinjai Adakan Diskusi Bersama

    Bahas Data Pertanian, Dinas TPHP Sinjai Adakan Diskusi Bersama

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Untuk memperkuat sinergitas dan kolaborasi kinerja dalam menjalankan roda pemerintahan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai menggelar diskusi bersama dengan beberapa pihak.

    Diskusi yang membahas data sektor pertanian ini menghadirkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai Arif Miftahuddin, Kadis Kominfo dan Persandian Dr. Mansyur, Kabag Perekonomian dan SDA Sinjai A. Mandasini Saleh serta jajaran dari Dinas TPHP, bertempat di Ruang Rapat Dinas TPHP Sinjai, Kamis (8/12/2022).

    Kepala Dinas TPHP Sinjai H. Kamaruddin mengatakan bahwa diskusi dilaksanakan untuk menyamakan persepsi dengan beberapa stakeholder terkait data pertanian di Kabupaten Sinjai.

    Menurutnya, ketersediaan data pertanian yang akurat akan menjadi dasar bagi pemerintah untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan kedepannya.

    Kamaruddin mengakui bahwa saat ini perlu ada perbaikan data pertanian sebab masih adanya perbedaan data yang dihasilkan oleh BPS melalui Kerangka Sampel Area (KSA) dengan data dari Dinas TPHP melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

    “Ada perbedaan data dari BPS dengan data yang dihimpun oleh Penyuluh, seperti salah satunya adalah luas panen. Kita harap melalui diskusi ini ada persamaan persepsi dalam pengolahan data,” jelasnya.

    Iapun berharap melalui diskusi ini data yang dihasilkan oleh BPS maupun para penyuluh bisa dikombinasikan untuk menghasilkan satu data. Terlebih di tahun 2023 BPS akan melakukan sensus pertanian.

    “Data pertanian ini saya kira sangat penting apalagi Dinas Kominfo saat ini berupaya menjalankan program Indonesia Satu Data dan BPS akan melaksanakan Sensus Pertanian,” ucapnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts