spot_img
Thursday, March 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPemkab Adu Barista Meracik Kopi di Lokasi Gebyar UMKM

    Pemkab Adu Barista Meracik Kopi di Lokasi Gebyar UMKM

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Tren profesi barista di Kabupaten Sinjai terus bergeliat. Pemerintah setempat pun terus memberikan ruang bagi mereka untuk mengankat citra dan kebolehannya. Salah satunya, dengan menggelar kompetisi meracik kopi.

    Fun Battle atau lomba meracik kopi
    itu digelar dilokasi gebyar UMKM di Lapangan Sinjai Bersatu, Jumat (2/12/2022) sore. Peserta yang terdiri delapan orang tampak antusias unjuk kebolehan dalam adu racik kopi tersebut.

    Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja, Ramlan Hamid menerangkan, dari sekian banyak lomba yang dilaksanakan di gebyar UMKM salah satunya adalah lomba meracik kopi.

    “Kenapa kita lakukan ini, karena salah satu UMKM yang banyak bergerak di Kabupaten Sinjai yang menyiapkan minuman siap saji adalah kopi,” ujar Ramlan saat menyaksikan langsung kempetisi peserta.

    Mereka kata Ramlan, diadu dalam meracik kopi sebagai upaya menambah pengetahuan dan wawasan para barista. Juga untuk memberikan pengetahuan racikan kopi sebenarnya yang terbaik.

    “Meskipun kopi ini tida bisa dipatok hanya satu rasa, karena kopi itu setiap penikmat kopi punya rasa tersendiri yang ia cari. Jadi mungkin menurut kita bagus akan tetapi yang lain tidak bagus, tetapi dalam konteks ini kita mau ada standar bagaimana sebenarnya meracik kopi yang baik,” jelasnya.

    Apalagi tambah Ramlan, dalam kompetisi ini pihaknya menyiapkan tiga orang juri yang punya cita rasa tersendiri dalam menilai hasil racikan peserta, sehingga muncul siapa yang terbaik diantara mereka.

    Sementara salah seorang juri, Ikhwan Mubarak mengatakan, dalam Fun Battle tersebut memberikan penilaian pada kebersihan, brewing time, penjelasan tekhnik dan hasil akhir.

    “Yang paling kita tekankan disini adalah penjelasan akhir bagaimana peserta bisa menjelaskan dasar membuat kopi. Pada intinya juga bagaimana mengajak para barista untuk ber publik speaking terhadap costumer,” ucapnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts