Rakor di Jakarta Bersama Presiden, Bupati ASA Siap Tindaklanjuti Inpres Penggunaan Produk Lokal

0
115

JAKARTA, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring Implementasi Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Inpres tersebut tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, Dan Koperasi.

Presiden RI Ir. Joko Widodo, mengimbau Pemerintah untuk menginisiasi berbagai terobosan dalam meningkatkan penggunaan produk dan belanja dalam Negeri.

Dia juga meminta agar peningkatan target penggunaan produk dalam Negeri harus diimbangi dengan upaya perbaikan ekosistem.

Perbaikan ini tentu dilakukan sekaligus agar tuntutan kebutuhan di dalam Negeri dapat terpenuhi. “Untuk itu saya minta dilakukan perbaikan besar-besaran dari hulu sampai hilir,” ujarnya saat mengikuti rakor secara daring.

Terpisah Bupati ASA, mengatakan tujuan dari Rakor ini adalah untuk membangun komitmen bersama dan partisipasi pelaku pengadaan dalam penguatan UMKK serta mewujudkan peningkatan penggunaan produk dalam Negeri.

Selain Bupati ASA, rakor tersebut turut diikuti oleh sejumlah Kepala Daerah baik Bupati dan Walikota Se- Indonesia.

“Jadi tujuan utama dalam Rakor ini dalam rangka menyukseskan gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah,” kata Bupati ASA yang didampingi Kabag Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setdakab Sinjai, Andi Syarifuddin.

Menanggapi intruksi Presiden Jokowi, Bupati ASA menegaskan siap menerapkan percepatan penggunaan produk dalam Negeri yang menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

“Intinya kita sudah siap untuk menindaklanjuti inpres tersebut. Kita juga saat ini di Pemerintah Daerah tengah menyiapkan E-katalog untuk penggunaan produk lokal,” jelasnya.

Rakor yang mengangkat tema “UMK-Koperasi dan PDN Kuat, Ekonomi Pulih Lebih Cepat” dihadiri Menteri Perindustrian Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Koperasi dan UMK Drs. Teten Masduki dan MenPAN dan RB Abdullah Azwar Anas, serta Kepala LKPP DR. H. Hendra Prihadi, Kepala BPKP RI Muhammad Yusuf Ateh, Ditjen keuda kemendagri Dr. Drs. Fatoni selaku Pemateri. (Tim Website)

Previous article3 Desa dan 3 OPD Raih Penghargaan Website Terbaik dari Bupati Sinjai
Next articleBerdayakan Pelaku Usaha, Bupati ASA Dorong UMKM Terdaftar di E-katalog