Gebyar UMKM Dimulai, Bupati ASA Harap Perekonomian Sinjai Semakin Meningkat

0
139

SINJAI, – Gebyar UMKM yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) di Lapangan Sinjai Bersatu dimulai, Sabtu (26/11/2022) malam.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka penguatan inflasi akibat dampak kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) melalui anggaran Dana Alokasi Umum (DAU), ini dibuka langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Bupati ASA mengatakan, Gebyar UMKM merupakan upaya Pemerintah dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Sinjai, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo yang mewajibkan seluruh Daerah menyisihkan 2 persen anggaran DAU tahun 2022.

Ajang ini sekaligus dalam rangka mempromosikan produk UMKM di Sinjai. Termasuk wadah dalam meningkatkan produksi dan perluasan pemasaran produk UMKM serta meningkatkan usaha mikro menjadi usaha menengah.

“Gebyar UMKM adalah wadah bagi pelaku UMKM kita untuk meningkatkan produksi dan perluasan pemasaran. Ini merupakan amanah yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Alhamdulillah kita laksanakan mulai malam ini,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini berharap pelaksanaan Gebyar UMKM berdampak pada peningkatan pendapatan dari masyarakat, khususnya bagi pelaku UMKM di Sinjai.

“Mudah-mudahan pelaku ekonomi kita yaitu UMKM kita naik kelas sehingga perekonomian di Sinjai bisa lebih meningkat lagi,” harapnya.

Gebyar UMKM mengusung tema “Penguatan Ekonomi melalui Optimalisasi UMKM”, juga dirangkaikan dengan pembukaan Bursa Kerja atau Job Fair.

Kepala Diskopnaker Sinjai, H. Ramlan Hamid mengatakan, Gebyar UMKM bakal berlangsung hingga 2 Desember 2022 mendatang. Sejumlah kegiatan bakal dilaksanakan mulai dari expo UMKM, talkshow ekonomi, klinik UMKM, donor darah, fun game, senam sehat, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Berbagai lomba juga akan dilaksanakan, seperti lomba fashion show, photo story, lomba meracik kopi, lomba membuat laha bete, dan lomba permainan tradisional katto – katto, serta festival dangdut yang baru saja diputuskan dalam rapat tersebut.

“Khusus Expo pelaku UMKM yang terlibat sebanyak 323 UMKM, melebihi dari target kita sebanyak 200 UMKM,” pungkasnya.

Pembukaan Gebyar UMKM dan Job Fair turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Syaiful, Forkopimda Sinjai, Kepala KPPN Sinjai, Arif Kurniadi, Penjabat Sekda Andi Jefrianto Asapa serta para Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD hingga Camat dan kepala Desa/Lurah. (Tim Website)

Previous articleBuka Bimtek SKP, Bupati ASA Minta Pegawai Pahami Alur Kinerja Dan Berprilaku Sesuai Core Values ASN berAKHLAK
Next articlePlt Kadis Pendidikan Harap Guru Penggerak Jadi Teladan yang Baik