Kadis Kominfo Temui Kepala BPS Sinjai, Bahas Satu Data Indonesia

0
113

SINJAI, – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sinjai Dr. Mansyur melakukan kunjungan silaturahmi ke Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai, Kamis (24/11/2022).

Pertemuan ini membahas mengenai sinergi dan koordinasi dalam rangka mendukung Satu Data di Kabupaten Sinjai.

Menurut Mansyur, hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang mana pada tahun 2024 nanti Satu Data Indonesia sudah clear.

“Hari ini kami datang bersilaturahmi untuk menyamakan persepsi terkait pengelolaan data statistik sektoral dan Satu Data Indonesia,” katanya.

Untuk mendukung hal tersebut, maka validasi data menjadi hal yang sangat penting. Oleh sebab itu ia berharap dukungan dan kerjasama BPS Sinjai selaku pembina data statistik.

Dalam mencapai target ini, pihaknya juga mengharapkan kepada BPS agar memberikan pembinaan dan pelatihan kepada para OPD Lingkup Pemkab Sinjai selaku produsen data sehingga data yang diambil merupakan data yang akurat dan benar.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sinjai, Usman menambahkan bahwa terkait Satu Data Indonesia ini perlu dilakukan pembentukan Forum Satu Data.

“Kedepan kita akan bentuk Forum Satu Data dalam upaya memberikan penguatan terhadap penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Sinjai. Dengan forum ini semua komponen akan bertanggungjawab dalam mewujudkan Satu Data Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin menyambut baik pertemuan ini dalam rangka lebih meningkatkan kolaborasi untuk mewujudkan data sektoral yang akurat.

Pihaknya siap mendukung penuh Diskominfo dan Pemkab Sinjai terkait penyelenggaraan statistik dengan harapan data ini menjadi acuan pemerintah dalam mengambil kebijakan.

“Kami selaku pembina statistik data akan selalu memberikan motivasi dan dukungan apa yang menjadi kebutuhan Pemerintah setempat,” jelasnya.

Selaku wali data, ia berharap kepada Diskominfo Sinjai untuk terus melakukan peningkatan koordinasi dan pembinaan kepada seluruh OPD yang ada,” harapnya. (Tim.Website)

Previous articlePemkab Uji Publik Ranperda Penyelenggaraan Transportasi
Next articleBupati ASA Harap Peringatan HGN Hendaknya Dijadikan Sebagai Pengingat Peran dan Jasa Guru