spot_img
Tuesday, April 23, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaKadispusip Sinjai Ungkap Perpustakaan Sebagai Kunci Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

    Kadispusip Sinjai Ungkap Perpustakaan Sebagai Kunci Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Sinjai Tahun 2022.

    Bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusip) Sinjai, Drs. Muhammad Irvan di Aula Hotel Rofina Sinjai, Rabu (23/11/2022) pagi.

    Saat menyampaikan sambutan, Irvan mengatakan bahwa saat ini, perpustakaan tengah melakukan transformasi dengan berbasis inklusi sosial.

    Sehingga, kini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat untuk membaca, melainkan sebagai bagian dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

    Apalagi hal tersebut sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

    “Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadikan Kabupaten Sinjai sebagai lokus dalam pelaksanaan Bimtek ini. Mudah-mudahan ini dapat menjadi sarana penguatan kapasitas perpustakaan demi mendukung tujuan perpustakaan sebagai pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat,” tuturnya.

    Indikator dalam mengukur capaian kinerja pelaksanaan tugas dan fungsi perpustakaan sambung Irvan, adalah Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat (TGM).

    “Dari hasil perhitungan kedua indikator di atas akan menjadi bahan evaluasi nantinya dalam menentukan kebijakan strategis. Sehingga implementasi kebijakan pelayanan perpustakaan dapat kita laksanakan secara lebih terstruktur, massif, dan komprehensif,” sambungnya.

    Pada kegiatan Bimtek Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan desa, sekolah, hingga pustakawan dari Dispusip Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts