Bupati ASA Punya Perhatian Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

0
109

SINJAI, – Selain penyaluran bantuan Sosial (Bansos) uang tunai kepada masyarakat prasejahtera,  Kementerian Sosial juga menyerahkan bantuan sebanyak 7 unit kursi roda adaptif sebagai alat bantu aksesbilitas kepada warga penyandang disabilitas yang ada di Sinjai, di Halaman Kantor Lurah Lappa,  Rabu (23/11/2022).

Bantuan ini merupakan usulan yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial Kabupaten Sinjai ke Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai Andi Muh. Idnan mengatakan bahwa sebanyak 7 keluarga penerima manfaat yang memperoleh bantuan kursi roda ini tersebar di 4 kecamatan yang ada di Sinjai.

“Jadi hari ini juga diserahkan bantuan aksesbilitas berupa kursi roda kepada warga yang ada di 4 kecamatan,  yaitu 1 orang di Sinjai Utara,  2 orang di Sinjai Timur, 3 orang di Sinjai Selatan dan 1 orang di Sinjai Tengah,” sebutnya.

Tidak hanya itu,  sebelumnya Pemkab Sinjai juga memiliki perhatian besar kepada penyandang disabilitas dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya berupa bantuan modal usaha.

“Baru-baru ini melalui Kantor Pos juga diberikan bantuan modal kerja kepada lansia dan penyandang disabilitas. Ini setelah dilakukan asesment yang memenuhi syarat diberi modal usaha dalam bentuk pemberian barang untuk dijual kembali. Ini berdasarkan hasil atensi dan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Bagi penyandang disabilitas lainnya, pihaknya juga telah memberikan bantuan berupa alat bantu lain. Seperti tongkat,  alat bantu dengar (hearing aid) dan lain-lain.

Dinas Sosial Kabupaten Sinjai juga telah mengirimkan warga yang berstatus penyandang disabilitas atau tuna netra mengikuti pelatihan keterampilan di Provinsi Bali.

Bahkan PMKS khususnya warga yang putus sekolah juga pernah diikutkan sebanyak 15 orang untuk mendapatkan pelatihan kerja di Kabupaten Bulukumba.

Menurut Andi Idnan, berbagai bantuan ini merupakan salah satu perwujudan visi dan misi Pemkab Sinjai yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023 untuk memenuhi hak dalam rangka peningkatan kapabilitas dan tanggung jawab sosial penyandang disabilitas dan lansia sebagai bagian masyarakat.

“Ini merupakan bentuk komitmen Bapak Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang memberi perhatian khusus kepada penyandang disabilitas, lansia maupun PMKS agar mereka juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya,” tandasnya. (Tim Website)

Previous articlePembayaran PBB-P2 Berakhir 30 November, Penjabat Sekda Minta Lurah dan Kepala Desa Proaktif
Next articlePesan Bupati Sinjai Dalam Bimtek PPKD Desa, Pahami dan Kuasai Regulasi Saat Pelaksanaan Pilkades