spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaKomitmen Bupati ASA Beri Kepastian Jaminan Kesehatan Gratis Untuk Warganya Berbuah Penghargaan...

    Komitmen Bupati ASA Beri Kepastian Jaminan Kesehatan Gratis Untuk Warganya Berbuah Penghargaan dari Pemprov

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Kebijakan yang ditelorkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dalam bentuk program kesehatan gratis bagi warga yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjadi prioritas utama dalam memenuhi hak dasar masyarakat di bidang kesehatan.

    Program tersebut ternyata tidak hanya terasa dikalangan masyarakat. Tetapi juga mendapat pengakuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui komitmen dalam pembiayaan program kesehatan gratis integrasi ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

    Atas dasar itu, Pemkab Sinjai diganjar penghargaan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Provinsi. Penghargaan itu diterima langsung oleh Penjabat Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (17/11/2022).

    Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengungkapkan bahwa, kesehatan gratis memang tertuang dalam program unggulan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

    “Memang visi misi Bupati Sinjai dimana masyarakat Kabupaten Sinjai itu, dibayarkan iuran BPJS untuk kelas tiga, dan ini merupakan upaya integrasi pelayanan kesehatan gratis ke JKN,” ujarnya.

    Universal Health Coverage (UHC) dikatakan dr. Emmy sudah mencapai 97 persen. Hal itu menjadi penguat daerah yang dipimpin Alumnus Monash University Melbourne Australia mendapat penghargaan tersebut.

    “Kabupaten Sinjai dari jumlah 267.343 jiwa, 97 persen yang sudah menjadi peserta BPJS, dan dari 97 persen ini 89,45 persen yang aktif,” bebernya.

    Penghargaan program kesehatan gratis integrasi ke JKN ini, diterima bersama 10 Kabupaten/Kota di Sulsel diataranya, Kabupaten Selayar, Bantaeng, Enrekang, Luwu Timur, Pangkep, Barru, Kota Palopo, Kabupaten Wajo dan Kabupaten Toraja Utara.

    Terpisah, Bupati ASA menyampaikan, program kesehatan gratis memang menjadi program unggulan sejak di awal pemerintahannya.

    Tujuannya, untuk memberi kepastian jaminan kesehatan sebagai salah satu kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap warga Sinjai.

    “Kami berkomitmen dan berusaha semaksimal mungkin agar tidak ada lagi masyarakat miskin yang tidak memiliki BPJS ataupun tidak terlayani di fasilitas kesehatan (Faskes). Semoga apa yang menjadi komtimen kami di Pemerintah manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” kata ASA. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts