DPKH Sinjai: RPH Modern Dipastikan Serap Tenaga Kerja

0
145

SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus berupaya menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Sinjai. Salah satu upayanya adalah membangun sebuah Rumah Potong Hewan (RPH) Modern berstandar nasional.

RPH modern yang dibangun di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan, ini dipastikan menyerap tenaga kerja baru. Pasalnya, alat yang digunakan dalam pengoperasian RPH terbilang canggih. Dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih.

“Pasti menyerap tenaga kerja karena ada alat mau dioperasikan, terutama penjagal dan tenaga lainnya,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Burhanuddin, Minggu (6/11/2022).

Kendati demikian, Burhanuddin belum merinci berapa jumlah tenaga kerja yang akan dibutuhkan di tempat itu. Apalagi, pihaknya berencana mengusulkan pengelolaannya ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Agribisnis yang rencananya akan dibentuk.

“Akan ada Perumda agribisnis, Peraturan Daerah (Perda) sudah ada, kalau RPH dikelola DPKH maka anggaran operasional kami akan membengkak karena di sana menggunakan banyak mesin,” jelasnya.

Dengan demikian, kehadiran RPH modern ini bukan hanya mendukung upaya Bupati ASA untuk menjadikan Sinjai sebagai Daerah metropolitan sapi, juga menjadi pendukung terciptanya lapangan kerja baru yang menjadi visi misinya.

Sekadar diketahui, anggaran pembangunan RPH modern yang dilaksanakan tahun ini sebesar Rp. 4,7 miliar yang terdiri dari Rp. 2,96 miliar untuk gedung dan Rp.1,8 miliar untuk peralatan.

Selain RPH modern, di lokasi itu juga telah terbangun sentra industri olahan hasil peternakan yang turut menyerap tenaga kerja. Dibangun pada tahun 2021 dengan menggunakan anggaran sekitar Rp. 26 miliar

Kehadiran RPH modern sendiri akan menyuplai daging sapi untuk diproduksi menjadi bakso sapi dan bakso ayam, daging beku, nugget, sosis, kerupuk kulit, pengolah limbah tulang untuk bahan baku pakan ternak, abon daging, hingga cornet yang siap jual. (Tim Website)

Previous articlePlh Sekda Hadiri Musres KBPP Polres Sinjai
Next articleKantor Pos Sinjai Salurkan BSU Kepada 4 Ribu Pekerja