Janji Terealisasi, Bupati ASA Bangun RPH Modern di Sinjai Selatan

0
146

SINJAI, – Janji Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) untuk menghadirkan Rumah Potong Hewan (RPH) Modern berstandar Nasional di Kabupaten Sinjai, bukan isapan jempol belaka. Hal itu dibuktikan Bupati ASA, dengan membangun RPH Modern di tahun 2022 ini.

Pembangunan RPH Modern berstandar Nasional ini direalisasikan Bupati ASA, jelang memasuki tahun kelimanya memimpin Kabupaten Sinjai, terletak di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, Burhanuddin, mengatakan total anggaran yang digelontorkan tidak tanggung-tanggung mencapai Rp.4,7 Miliar lebih. Itu terdiri dari Rp.2,96 miliar untuk gedung dan Rp.1,8 miliar untuk peralatan.

Dia menyebut, RPH modern karena karena peralatan yang akan digunakan adalah berbasis mesin. Mulai dari pemotongan, pengulitan, dan berbagai peralatan mesin lainnya.

“Kalau yang di kota (Sinjai Utara) kita punya RPH masih manual, yang ada di Sinjai Selatan ini pakai mesin dan hasilnya menjadi daging beku karena kita masukkan dalam lemari dingin,” kata Burhanuddin, Jumat, (4/11/2022).

Dikatakan, daging yang diproduksi dipastikan berstandar Nasional dengan disertai Nomor Kontrol Veteriner (NKV), sehingga produksi daging sapi dipastikan aman dan memenuhi syarat untuk dikirim keluar Daerah hingga luar provinsi.

“Akan dilengkapi dengan SNI, jadi produk sapi yang dihasilkan dari RPH modern ini dipastikan berstandar Nasional,” terangnya.

Pembangunan RPH modern merupakan gagasan cemerlang Bupati ASA untuk mendukung pembentukan kawasan peternakan sapi potong yang sebelumnya dibentuk di empat wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sinjai Selatan, Sinjai Timur, Sinjai Borong, dan Kecamatan Tellulimpoe.

RPH yang dibangun memenuhi standar pengoperasian RPH bertaraf Nasional. Pasalnya, sapi yang sudah dipotong akan diproses lagi untuk menghasilkan daging beku untuk dijual. Bukan dalam bentuk karkas.

“Kawasan RPH ini akan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih modern, nanti juga akan ada lemari pendingin untuk memproduksi daging beku sebelum nantinya dilakukan pengiriman,” jelasnya.

Sebelumnya, Bupati ASA telah membangun Sentra Industri Peternakan di Bulupaccing, Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan di tahun 2021 lalu. Kini, pemanfaatan Sentra Industri Peternakan tidak lama lagi diresmikan.

Selain untuk di kirim keluar Daerah dalam bentuk beku, RPH modern sendiri akan menyuplai daging sapi untuk diproduksi menjadi bakso sapi dan bakso ayam, daging beku, nugget, sosis, kerupuk kulit, pengolah limbah tulang untuk bahan baku pakan ternak, abon daging, hingga cornet yang siap jual. (Tim Website)

Previous articleWaspada! Penipuan Catut Nama Kadis Kominfo Sinjai
Next articlePengurus Baru IPM Dilantik, Pemkab Sinjai Harap Terus Eksis dan Progresif