spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDiskominfo Harap Masyarakat Bersiap Beralih Ke Siaran TV Digital

    Diskominfo Harap Masyarakat Bersiap Beralih Ke Siaran TV Digital

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) secara resmi dimatikan pada 2 November 2022 lalu, pada pukul 24.00 WIB.

    Khusus untuk di Sulawesi Selatan sendiri, peralihan siaran televisi dari analog ke digital dengan penerapan multiple Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan secara bertahap. Terlebih, penggunaan alat Set Top Box (STB) belum sepenuhnya diperoleh masyarakat dan masih bergantung pada siaran antena UHF.

    Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Sinjai, Mansyur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mempersiapkan peralihan TV digital. Pengguna TV analog saat ini memang membutuhkan sebuah perangkat set top box agar bisa berpindah ke TV Digital.

    “Semua daerah diharapkan beralih ke digital, mau tidak mau, kami dari Diskominfo tentu akan berupaya untuk menfasilitasi masyarakat untuk migrasi analog ke digital,” kata Mansyur di ruang kerjanya, Jumat (4/11/2022).

    Dia menyebut, masyarakat akan merasakan benefit peralihan ke TV Digital, misalnya tidak perlu kuota internet, tidak perlu melalui berlangganan bulanan, parabola, ataupun satelit, serta tidak perlu menggunakan smart TV yang disambung ke internet.

    “Kalau TVnya masih jadul, bagi yang mampu bisa beli set top box, yang tersedia banyak di marketplace ataupun toko elektronik. Saya sarankan gunakan set top box yang tersertifikasi dan ada logo si Modi,” ujarnya.

    Migrasi dari TV analog ke digital merupakan amanat dari undang undang Cipta Kerja yang batas akhirnya tanggal 2 November 2022. Akan tetapi tentunya tidak akan serentak berganti.

    DPR telah bersepakat dengan pemerintah mendukung agar pelaksanaan migrasi tidak dalam satu detik bersama-sama tetapi dengan menggunakan tahapan yang dimulai pada tahun 2022 ini. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts