Desa Wisata Barania Ikuti Pameran Ekraf yang Digelar Kemenparekraf RI di Jakarta

0
113

JAKARTA, – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) menggelar Pameran Ekraf di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Pameran tersebut diikuti Desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022.

Desa Wisata (Dewi) Barania, Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai yang masuk sebagai salah satu Desa di ajang ADWI pun ikut dalam pameran Ekraf ini yang memperkenalkan produk lokal unggulan.

Seperti makanan ringan, merchandise hasil kerajinan tangan, serta produk lokal lainnya dari hasil industri para pelaku usaha di Desa Barania.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sulsel, Prof. Muhammad Jufri yang turut menghadiri pameran tersebut merasa gembira atas pencapaian Dewi Barania yang menembus 50 besar ADWI 2022.

“Desa Barania adalah kebanggaan kita semua. Ini diharapkan bisa memicu pengembangan Desa wisata lain di Sinjai sehingga akan ada lebih banyak daya tarik wisata yang bisa menarik wisatawan untuk masuk ke Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

Karena dengan demikian sambung Jufri, semakin banyaknya daya tarik wisata di suatu Daerah, maka potensi wisatawan yang masuk tentu lebih besar dan harus ditunjang dengan meningkatkan pelaku ekonomi kreatif.

“Tidak hanya itu. Kita dorong juga ekonomi kreatif, sebagai oleh-oleh bagi pengunjung wisata yang datang,” pungkasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Sinjai, Dr. Yuhadi Samad yang menjadi salah satu aktor keberhasilan Barania menembus 50 besar ADWI menaruh harapan besar terhadap Desa yang punya destinasi wisata Kampoeng Galung ini.

“Semoga Desa Barania sebagai pelopor Desa wisata bisa menjadi pemantik bagi 20 Desa wisata yang lain di Sinjai untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti ADWI 2023,” harapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Sinjai, Tamzil Binawan yang sebelumnya menjabat Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat demi keberhasilan Barania di ajang Nasional ini.

“Mohon doanya untuk Desa Barania agar bisa menjadi yang terbaik dalam ADWI tahun 2022, maju wisatanya dan maju ekraf-nya. Tentu ini tidak terlepas dari dorongan Pemerintah Desa, serta bapak Yuhadi Samad yang menjadi perintis,” pintanya. (Tim Website)

Previous articlePDAM Atasi Keluhan Pelanggan Soal Pendistribusian Air Bersih Selama Porprov
Next articleDitutup Gubernur Sulsel, Kontingen Sinjai Juara Umum Tiga Porprov 2022