spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaRamah Disabilitas, Komitmen Pengadilan Negeri Sinjai Samakan Hak Para Pencari Keadilan

    Ramah Disabilitas, Komitmen Pengadilan Negeri Sinjai Samakan Hak Para Pencari Keadilan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Peningkatan kualitas pelayanan ramah disabilitas menjadi hal penting bagi Pengadilan Negeri (PN) Sinjai yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sinjai Utara.

    Hal itu terlihat saat WS (20 tahun), salah satu terdakwa yang menjalani persidangan di PN Sinjai terlihat mendapat pelayanan dari petugas karena tidak dapat berjalan alias lumpuh, Rabu (12/10/2022) kemarin.

    WS saat tiba di Gedung PN Sinjai langsung dibantu petugas dengan menggunakan kursi roda hingga ke ruang siang.

    Hedyana Adri Asdiwati, Hakim PN Sinjai menjelaskan, pelayanan yang ramah disabilitas telah menjadi komitmen bagi lembaga pemberi keadilan sebagai bentuk pemerataan hak bagi seluruh penyandang difabel.

    “Jadi untuk terdakwa, saksi, ahli, atau siapapun pengguna layanan pengadilan yang memerlukan penanganan khusus atau difabel. Kami melihat penyandang disabilitas itu setara dengan orang pada umumnya. Mereka punya hak yang sama untuk mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

    Untuk menunjang pelayanan yang prima kepada para penyandang disabilitas, PN Sinjai telah melakukan pelatihan dasar kepada petugasnya mengenai cara melayani penyandang disabilitas dengan baik dan benar.

    Selain itu, sarana prasarana pendukung lainnya juga telah disiapkan. Seperti kursi roda, jalur khusus disabilitas, dan lain sebagainya.

    “Sejauh ini yang kami tangani itu kebanyakan difabel yang punya keterbatasan di bagian kaki seperti terdakwa tadi (WS-read). Petugas kami selalu stay untuk melayani terdakwa, mulai dari saat turun dari mobil, kemudian masuk ke ruang sidang hingga kembali keluar,” jelas Hedyana. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts