spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBPS Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral

    BPS Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dalam rangka mendukung terwujudnya data statistik sektoral berkualitas, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral.

    FGD ini dibuka langsung oleh Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin di Aula Pertemuan Kantor Bappeda Sinjai, Kamis (13/10/2022) diikuti oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

    Kegiatan FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi antara BPS selaku pembina data statistik, kemudian selaku walidata dari Dinas Kominfo serta berbagai OPD selaku produsen data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia.

    Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin menerangkan bahwa, mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan, terdapat tiga jenis statistik yaitu statistik khusus, statistik dasar dan statistik sektoral.

    “Untuk data statistik dasar itu sudah dipaparkan dan diselenggarakan oleh BPS karena menyangkut kebijakan pemerintah yang akan dijadikan pijakan dalam mengambil keputusan untuk masyarakat umum,” ujarnya.

    Selain itu, Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang merupakan terobosan pemerintah untuk mengatur tata kelola data dalam rangka mendukung pembangunan holistik. Satu Data memiliki tiga prinsip utama yaitu, satu standar data, satu metadata baku, dan satu portal data.

    “Olehnya itu bagaimana statistik sektoral ini menjadi penyajian data yang akurat. Dan pada intinya di FGD ini kita ingin menyamakan persepsi, satu tujuan bahwa data itu sangat penting. Tapi data bagaimana yang bisa disajikan di publik. Nah itu sama-sama harus kita diskusikan,” jelasnya.

    FGD ini menghadirkan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan sebagai narasumber. Tamzil membawakan materi tentang peranan Dinas Kominfo sebagai walidata dalam mewujudkan satu data di tingkat daerah.

    Kemudian, Sekretaris Bappeda Sinjai, Muh. Abrar Awali menyampaikan materi pemanfaatan data dalam perencanaan pembangunan daerah. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts