Inovasi “Pelakor Baik Hati” Dorong Perempuan Sinjai Berdayakan Ekonomi Keluarga

0
209

SINJAI, – Kata “pelakor” di kalangan masyarakat dikenal sebagai sebuah singkatan dari (perebut laki orang). Namun, istilah ini menjadi sebuah inovasi atau aksi perubahan yang digagas oleh Hj. Nurhaedah dengan nama “Pelakor Baik Hati” (Pemberdayaan Perempuan Melalui Pendidikan Ekonomi Keluarga Berbasis Lingkungan).

Inovasi ini diperkenalkan Nurhaedah selalu Kabid Kesetaraan dan Data Gender Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai di hadapan para ibu rumah tangga di Jalan Garuda Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (04/10/2022).

Melalui inovasi Pelakor Baik Hati, ia mendorong para perempuan untuk meningkatkan partisipasinya dalam melalui peningkatan kualitas pendidikan dan penguatan ekonomi sebagai wujud mendukung ketahanan keluarga yang berawal dari lingkungan sekitar.

“Pada intinya, kita mendorong para perempuan agar terus mengembangkan potensinya untuk semakin mandiri melalui penguatan ekonomi yang dimulai keluarga,” ujarnya.

Selaku mentor dalam mendukung inovasi Pelakor Baik Hati ini, Kepala Dinas P3AP2KB Sinjai A. Tenri Rawe Baso mengharapkan adanya peningkatan partisipasi perempuan sebagai bagian dalam proses pembangunan di Kabupaten Sinjai.

“Saya harap mudah-mudahan ini dapat dukungan dari ibu-ibu, karena perempuan harus mendukung perempuan,” pintanya.

Di tempat yang sama, Hj. Mas Ati sebagai salah seorang tokoh perempuan Sinjai, juga ikut mendukung aksi perubahan yang digagas dan dikemas dengan nama yang unik.

Sebab menurutnya, kunci ketahanan dan ekonomi sebuah keluarga ada pada perempuan yang senantiasa menjalankan perannya dengan baik.

“Saya melihat aksi perubahan yang digagas ibu Nurhaedah ini adalah sebuah langkah maju dan cerdas dalam melihat kaum perempuan yang punya eksistensi dalam hal pemberdayaan ekonomi keluarga. Karena kuatnya ekonomi keluarga itu akan mengangkat derajat kesejahteraan keluarga itu sendiri, dan kami sangat mengsupport inovasi ini,” cetusnya.

Saat inovasi ini diperkenalkan dibadapan ibu rumah tangga yang ada di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara, juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh. Ia pun ikut mendukung hadirnya Pelakor Baik Hati ini sebagai terobosan terbaik dalam memberdayakan perempuan di Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

Previous articleAplikasi “Macca Qe” Terobosan Kadisdik Sinjai Miliki Beberapa Keunggulan
Next articleKembangkan Aplikasi “SiBaNTuki” Kepala Bappeda Sinjai Optimis Bisa Tekan ini