spot_img
Saturday, April 20, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBuka Seminar Data Security, Staf Ahli Bupati Ajak Tingkatkan Kolaborasi Sukseskan Program...

    Buka Seminar Data Security, Staf Ahli Bupati Ajak Tingkatkan Kolaborasi Sukseskan Program Smart Kampung

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – – Perkembangan teknologi, informasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari, terlebih pada saat ini penguasaan teknologi informasi dijadikan sebagai salah satu indikator kemajuan suatu negara.

    Dalam konteks indonesia, perkembangan teknologi informasi terjadi hampir di seluruh aspek, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan sampai dengan kehidupan masyarakat.

    Hal ini dikatakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Lukman Fattah saat membuka Seminar Data Security yang diselenggerakan Fakultas Ushuluddin dan Komunikasi Islam (FUKIS) Institu Agama Islam Muhammadiyah (IAIM), bekerja sama komunitas teknologi Sinjai, di Audiotorium H. Amir Said IAIM Sinjai, Jumat (30/9/2022).

    Menurut dia, pesatnya penggunaan teknologi informasi dalam seluruh aspek kehidupan mulai dari lingkungan pemerintah sampai dengan masyarakat telah mendorong beberapa kota/kabupaten di indonesia untuk menerapkan keterhubungan pemanfaatan teknologi informasi yang ada berupa integrasi elemen-elemen kota/kabupaten untuk mendukung kesinambungan kehidupan berbasis teknologi informasi atau bisa disebut dengan smart city / smart regency.

    “Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan seluruh elemen kabupaten/kota dalam sebuah sistem teknologi informasi yang mudah diakses oleh semua orang, juga untuk penyediaan pelayanan publik yang transparan, efisien dan adil bagi semua masyarakat,” ujarnya.

    Dia menambahkan bahwa, sejalan dengan pengembangan smart city / smart regency, dalam konteks yang lebih kecil yaitu desa, sudah mulai diterapkannya konsep desa berbasis teknologi informasi atau disebut dengan smart village.

    “Secara umum suatu desa dapat dikatakan desa cerdas apabila desa tersebut secara inovatif menggunakan teknologi informasi untuk mencapai peningkatan kualitas hidup, efisiensi dan daya saing dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Smart village di kabupaten sinjai kita kenal dengan nama smart kampung. Smart kampung adalah program pengembangan desa di kabupaten sinjai untuk mendekatkan pelayanan publik hingga tingkat desa,” jelasnya.

    Oleh karena itu, melalui kesempatan tersebut Lukman berharap agar kerja sama, kolaborasi dalam setiap kegiatan terus ditingkatkan, terutama yang berkaitan pelaksanaan smart kampung agar program unggulan ini bisa berhasil dengan baik.

    Kegiatan ini dihadiri Dekan Fukis, Suriati, Ketua Prodi KPI, Faridah dan Ketua Komunitas Teknologi Sinjai, Fadli. Serta menghadirkan
    Kepala Bidang Aptika Diskominfo Sinjai, Muhammad Takdir sebagai narasumber dan Ahmad Anshari. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts