Home Berita Bahas Penyaluran BLT BBM dan BSP, Bupati ASA Gelar Pertemuan

Bahas Penyaluran BLT BBM dan BSP, Bupati ASA Gelar Pertemuan

0

SINJAI, – Sebanyak 20.369 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sinjai akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bantuan Sosial Pangan (BSP) Tahun 2022.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi bersama pimpinan PT Pos Indonesia dalam rangka persiapan penyaluran bantuan tersebut yang dipimpin langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (10/9/2022) siang.

Rapat ini turut dihadiri Sekda Sinjai Akbar, Ketua DPRD Jamaluddin, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Sumardi, dari Polres Sinjai dan Kejaksaan.

Bupati ASA mengatakan, bantuan yang akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia, pihaknya dari Pemerintah Daerah juga akan melibatkan semua pihak termasuk TNI, Polri untuk melakukan pengawasan.

​Dia berharap melalui dukungan berbagai pihak, penyaluran bantuan kepada warga berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan tepat sasaran.

“Diharapkan tepat sasaran dan transparan dan penerima betul-betul layak. Olehnya itu pada penyalurannya akan dilibatkan semua pihak seperti dari kepolisian dan TNI,” kata ASA.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Andi Muh. Idnan menambahkan bahwa, berdasarkan data yang diterima dari Kementerian Sosial (Kemensos) penerima BLT BBM dan BSP sebanyak 20.369 KPM itu, tersebar di Sembilan Kecamatan.

Untuk Kecamatan Bulupoddo sebanyak 1.802 penerima, Pulau Sembilan 879, Sinjai Barat 2.977, Sinjai Borong 1.949, Sinjai Selatan 2.372, Sinjai Tengah 3.006, Sinjai Timur 2.840, Sinjai Utara 1.474, Tellulimpoe 3.070.

“Besaran bantuan tahap pertama yang dibayarkan untuk bulan September-Oktober sebesar Rp150.000/bulan dan akan disalurkan sebesar Rp.300.000 dan Rp.200.000 untuk BSP sehingga total yang akan diterima KPM sebanyak Rp500.000 pada tahap pertama,” jelasnya.

Dia menjelaskan BLT BBM yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat adalah sebagai upaya dari pengurangan subsidi dan kenaikan BBM, sehingga diberikan bantalan kepada masyarakat agar tidak terlalu berdampak dengan kenaikan BBM tersebut.

“Karena adanya kebijakan Pemerintah dengan kenaikan BBM diharapkan agar masyarakat tidak terkena dampak langsung, sehingga Pemerintah memberikan bantalan kepada masyarakat terutama masyarakat miskin agar bantuan ini dapat bernilai manfaat,” kata Idnan.

Rencananya, bantuan ini akan disalurkan per dusun. Hal itu kata Idnan, sesuai dengan arahan Bupati Sinjai ASA.

“Berdasarkan arahan Pak Bupati jangan lagi masyarakat terbebani hanya karena mau menerima bantuan. Artinya apa bahwa Pak Bupati menginginkan masyarakat yang sudah susah jangan lagi mengeluarkan nilai rupiah lagi hanya untuk pergi menerima bantuan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Penyaluran dari PT Pos Indonesia, Yacup mengungkapkan bahwa, pihaknya akan mulai melakukan penyaluran pada Selasa (13/9/2022) mendatang. Batas waktu yang diminta untuk menuntaskan penyaluran ini hanya empat hari.

Bagi penerima yang sakit, lansia atau difabel bantuan akan langsung diantarkan Pos ke rumah KPM. Untuk tahap pertama akan disalurkan di Kecamatan Sinjai Utara, Timur dan Sinjai Selatan dan menyusul kecamatan lainnya. (Tim Website)

Exit mobile version