Home Berita Digagas Oleh Kodim 1424 Sinjai, Bupati ASA Apresiasi Pencanangan Kampung Pancasila

Digagas Oleh Kodim 1424 Sinjai, Bupati ASA Apresiasi Pencanangan Kampung Pancasila

0

SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Sumardi serta Kapolres Sinjai AKBP Rachmat Sumekar melakukan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasimarannu, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (9/9/2022).

Kampung Pancasila sendiri merupakan program yang digagas oleh TNI AD, di mana setiap Kabupaten/Kota akan ada satu lokasi yang akan dijadikan rider Kampung Pancasila dan bertujuan untuk menjaga segala dinamika di dalam masyarakat.

Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Sumardi menjelaskan, pencanangan Kampung Pancasila ini dilatar belakangi oleh tujuan untuk mengingat kembali semangat untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini menurutnya penting sebab pancasila yang merupakan ideologi negara dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus selalu dijaga di hati seluruh rakyat dalam setiap pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari.

“Semua nilai-nilai baik yang tertuang dalam Pancasila, itu yang kita ingin untuk diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya dihafalkan, tapi diaplikasikan, “katanya.

Menurut Sumardi, Desa Pasimarannu merupakan desa pertama di Kabupaten Sinjai untuk pencanangan sebagai kampung pancasila dan nantinya akan diikuti desa lainnya untuk menjaga nilai pancasila di hati masyarakat.

Sementara itu Bupati ASA mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Kodim 1424 Sinjai yang telah menginisiasi, menggagas serta melaksanakan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Pasimarannu ini.

“Kami dari Pemerintah Daerah sangat menyambut baik serta siap mendukung keberadaan Kampung Pancasila ini, karena keberadaan Kampung Pancasila sangat bernilai strategis dalam upaya memantapkan solidaritas serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar warga ditengah keberagaman,” ucapnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini berharap dari adanya Kampung Pancasila yang sudah dibentuk agar mampu menciptakan suatu media pembelajaran Pancasila bagi masyarakat luas dan meningkatkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam membentuk kepribadian masyarakat.

“Dengan dibentuknya Kampung Pancasila ini diharapkan mampu menjadi contoh bagi kampung-kampung yang lain di Sinjai untuk membentuk Kampung Pancasila lainnya,” harapnya. (Tim Website)

Exit mobile version