Dewi Barania Kini Bertaraf Nasional, Kades: Ini Tidak Lepas dari Perhatian Bupati ASA dan Jajarannya

0
224

SINJAI, – Keberhasilan Desa Wisata (Dewi) Barania Kecamatan Sinjai Barat dalam menggeliatkan pariwisata, kini telah berbuah manis.

Pasalnya, Desa yang dipimpin oleh Firman M. Maddolangeng ini secara resmi mendapatkan pengakuan sebagai Desa Wisata Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Hal itu ditandai setelah Desa Barania sukses menjalani penilaian sebagai peserta 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Destinasi Wisata Kemenparekraf RI, Indra Ni Tua di Kampung Galung, Kamis (08/09/2022).

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur karena saat ini, Desa Barania telah menjadi Desa Wisata Nasional yang diakui oleh Kementerian Pariwisata. Tentunya ini adalah satu kebanggaan tersendiri bagi kami dan warga,” kata Firman, Kepala Desa Barania.

Kesuksesan Desa Barania ini kata dia, tidak terlepas dari upaya dan perhatian dari Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang memberikan perhatian khusus dalam pengembangan wisata.

Atas perhatian Bupati ASA, kini fasilitas wisata di Desa Barania kian mengalami peningkatan, mulai dari homestay, toilet umum, hingga pembinaan kepada pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Tak hanya itu, pelayanan umum juga kini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Barania, seperti dalam hal kependudukan, kesehatan, dan perizinan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati dan seluruh jajarannya yang telah memberikan perhatian penuh kepada Desa Barania melalui peningkatan fasilitas di tempat wisata, hadirnya pelayanan umum yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, serta membina para pelaku usaha kecil yang ada di sini,” bebernya.

Terakhir, Firman pun tidak lupa untuk menyampaikan rasa syukurnya kepada seluruh masyarakat Desa Barania yang telah menyambut dengan antusias tim penilaian ADWI.

“Meskipun Pak Menteri Pariwisata Bapak Sandiaga Uno tidak hadir, namun saya sangat bersyukur kepada para warga yang sangat luar biasa kontribusinya. Persiapan panjang yang kita lakukan ini semua tidak terlepas dari bantuan seluruh masyarakat, terlebih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai. Dan kini hasilnya luar biasa. Sejak adanya Kampung Galung dan tempat wisata lainnya, kini perekonomian warga semakin meningkat,” tutupnya. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Bangga Desa Barania Masuk 50 Desa Terbaik di Indonesia, Harap Jadi Tujuan Wisata di Sulsel
Next articleDewi Barania Masuk 50 Besar ADWI, Kadis Pariwisata Sulsel Sebut Pencapaian Luar Biasa