spot_img
Friday, April 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMudahkan Peroleh Izin Usaha, Pemkab Sinjai Terus Upayakan Kehadiran Gerai Panrita di...

    Mudahkan Peroleh Izin Usaha, Pemkab Sinjai Terus Upayakan Kehadiran Gerai Panrita di Desa

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Gerai pelayanan perizinan terdepan (Gerai Panrita) yang dilaunching Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada akhir tahun 2021 lalu terus digenjot Dinas Penanaman Modal Pelayanan terpadu satu pintu (DPM-PTSP) Sinjai.

    Hingga saat ini sudah ada 9 desa di Kabupaten Sinjai yang telah memberikan pelayanan perizinan melalui Gerai Panrita yang ada wilayahnya masing-masing.

    Keberadaanya sangat dirasakan oleh masyarakat setempat khususnya para pelaku usaha. Mereka tidak lagi datang ke Kantor PTSP Sinjai untuk mengurus izin usahanya.

    Kepala DPM-PTSP Sinjai, Lukman Dahlan saat ditemui, Selasa (30/8/2022) mengatakan bahwa perkembangan pelayanan Gerai Panrita di Sinjai menunjukkan tren positif. Antusias Pemerintah Desa dalam mendukung program yang digagas oleh Bupati ASA ini sangat tinggi.
    “Alhamdulillah sudah ada 9 desa memberikan pelayanan melalui Gerai yang disiapkan, dengan demikian mereka dapat menjadi garda terdepan dalam pemberian pelayanan sehingga proses perizinan berusaha bisa diterbitkan melalui gerai yang ada di desa. Secara bertahap kita harap semua desa bisa mendirikan gerai tersebut” jelasnya.

    Hingga diakhir tahun ini, ia menargetkan ada 24 desa di Sinjai yang akan mendirikan Gerai Panrita. Para operator dari desa tersebut juga telah diberikan pelatihan dan siap melayani masyarakat setempat.

    Untuk saat ini, pelayanan di Gerai Panrita melayani semua jenis pelayanan perizinan berusaha dan secara bertahap nantinya perizinan non berusaha dan pelayanan non perizinan juga akan dilayani di gerai tersebut.

    “Semua ini dapat terwujud berkat komunikasi yang baik serta dukungan dari Diskominfo, Dinas PMD dan Pemerintah Desa sehingga keinginan dari Bapak Bupati untuk lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat bisa dirasakan manfaatnya,” jelasnya.

    Mantan Kabag Hukum dan Setdakab Sinjai ini menambahkan bahwa untuk mendukung penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di desa Barania, Gerai Panrita yang ada di desa tersebut memfasilitasi para pelaku usaha untuk mendapatakan izin berusaha.

    “Kemarin Bapak Bupati sudah melihat pelayanan gerai yang ada disana dan hari ini teman-teman disana akan menuntaskan penerbitan izin usaha 15 homestay yang ada untuk mendukung penilaian ADWI,” pungkasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts