Tahap Pembangunan, Pasar Udo Sinjai Selatan Diperkirakan Rampung Oktober

0
206

SINJAI, – Pembangunan pasar Udo di Kelurahan Sangiasseri, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, telah terealisasi 70,22 persen.

Progres pembangunan pasar yang dibangun tahun 2022 tersebut disampaikan Analis Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan (Disperindag) dan ESDM Sinjai, Andi Nuryadin, Senin (29/8).

Menurut Nuryadin, pembangunan pasar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tugas pembantuan Kementerian Perdagangan itu sebesar Rp. 3 Miliar lebih.

Dari progres pembangunan yang ada, Pasar Udo diperkirakan rampung paling lama pada Oktober 2022 mendatang.

“Sudah 70,22 persen, pembangunan pasar Udo kita perkirakan selesai bulan September atau Oktober lah,” ungkap Nuryadin sekaligus Operator Sistem Informasi Pasar Rakyat (SIPR) Disperindag dan ESDM Sinjai.

Nuryadin menambahkan, pembangunan pasar Udo adalah pasar tradisional dengan konsep semi modern, berupa pembangunan 16 kios, 20 lapak meja, dan 40 los atau hamparan. Lengkap dengan toilet sebanyak dua buah

Pasar yang baru kali pertama tersentuh perbaikan sarana dan prasarana ini bakal menampung 76 pedagang. Jumlah ini terbilang lebih besar dari jumlah pedagang yang menempati bangunan pasar sebelumnya.

“Ini pertama kali dilakukan pembangunan sarana dan prasarana sejak menjadi pasar. Dan, jumlah kios lapak dan los itu termasuk besar daya tampungnya dibanding jumlah pedagang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di setiap kesempatan menyampaikan, jika pembangunan pasar atau sarana dan prasarana pendukung pasar adalah salah satu upaya pemerintah dalam menumbuhkan perekonomian warga di Desa.

“Kita inginkan bagaimana masyarakat bisa sejahtera perekonomiannya. Melalui peningkatan kualitas infrastruktur maupun sarana prasarana pendukung lainnya, diharapkan agar itu semua bisa menjadi penopang bangkitnya ekonomi masyarakat,” harap Bupati ASA. (Tim Website)

Previous articleTekan Penyebaran PMK, DPKH Genjot Vaksinasi Hewan Ternak
Next articleBupati ASA Tanam Bibit Kopi dan Pohon Pinus di Atas Lahan 1000 Hektar di Barania Sinjai Barat