spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPuluhan Tahun Geluti Usaha Pandai Besi, Bupati ASA Bangga Terhadap 3 Ibu...

    Puluhan Tahun Geluti Usaha Pandai Besi, Bupati ASA Bangga Terhadap 3 Ibu Rumah Tangga di Barania

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Di Dusun Kaddorobukua Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat, 3 orang wanita paruh baya menggeluti usaha Pandai Besi secara bersama-sama. Mereka adalah Nasa, Najmiati, dan Nurma

    Ketiganya telah menggeluti usaha pandai besi selama lebih dari 30 tahun. Dimana dari tangan mereka dapat menghasilkan hasil karya berupa pisau, parang dan badik.

    “Sudah lebih dari 30 tahun kami geluti usaha ini. Alhamdulillah bisa menjadi sumber pendapatan bagi kami,” ujar Nasa saat ditemui di rumah produksi Usaha Pandai Besi Kaddorobukua, Senin (29/08/2022).

    Hal menarik dari pengrajin benda tajam ini adalah, mereka merupakan ibu rumah tangga (IRT) yang umumnya pekerjaan pandai besi ini biasanya dilakukan oleh kaum Adam.

    Untuk memberdayakan usaha pandai besi yang dijalani ketiga wanita ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memasukkan usaha ini sebagai salah satu lokus penilaian untuk kategori ekonomi kreatif (ekraf) pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

    Apalagi, Desa Barania tahun ini terpilih menjadi satu dari 50 desa se-Indonesia sebagai peserta ADWI oleh Kemenparekraf RI.

    Untuk mematangkan kesiapan pengrajin pandai besi ini untuk dinilai pada ADWI 2022, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menyambangi mereka di Dusun Kaddorobukua Desa Barania, Senin (29/08/2022).

    Dalam kunjungannya, Bupati ASA banyak berbincang-bincang dengan ketiga ibu rumah tangga tersebut dengan usaha yang digelutinya, termasuk memberikan motivasi dan dorongan untuk lebih kreatif dalam memproduksi pisau, parang atau alat-alat lainnya yang terbuat dari besi.

    “Kami merasa bangga ada perempuan tangguh seperti mereka yang sudah puluhan tahun bertiga menggeluti usaha pandai besi tersebut,” kata ASA.

    Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini berharap, usaha pandai besi yang digelutinya dapat meningkatkan sumber penghasilan dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

    Apalagi, dengan kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno nantinya, ASA berharap dapat menjadi corong untuk mengangkat geliat ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Sinjai pasca pandemi Covid-19.

    “Mudah-mudahan usaha ini bisa meningkatkan perekonomiannya, dan kita sangat bangga mereka semua ini adalah ibu-ibu mandiri yang meskipun statusnya single parents, tapi bisa berkreasi melalui usaha pandai besi,” pungkasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts