Jelang Kedatangan Sandiaga Uno di Sinjai, Bupati ASA Kunjungi Lokus Penilaian di Desa Barania

0
235

SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai terus memaksimalkan persiapan jelang penilaian atau visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat.

Hal itu ditandai dengan melakukan kunjungan langsung ke setiap lokus penilaian, diantaranya Camp Area Pattiroang Highland, kunjungan ke Titik 1000 Agro Maddakko di Dusun Kaddorobukua Desa Barania, Senin (29/08/2022).

Selain itu, ia juga menyempatkan waktu melihat proses pembuatan parang dan pisau di Usaha Pandai Besi yang digeluti 3 orang perempuan paruh baya.

Selanjutnya, Bupati ASA juga mengunjungi objek wisata Air Terjun Salu Birayya. Kunjungannya berakhir di objek wisata Kampung Galung.

“Dari hasil kunjungan ini, sudah ada beberapa tempat yang persiapannya sudah rampung, tinggal kita benahi lagi agar bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Penilaian ADWI yang rencananya berlangsung bulan September 2022 mendatang, akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Melihat persiapan sejumlah titik yang ia pantau, Bupati ASA optimis Desa Barania dapat meraih juara pada ajang ADWI Tahun 2022 ini.

“Kita terus memaksimalkan persiapan sehingga pada saat pak Menteri bersama tim penilai datang di sini, kita bisa meraih nilai tinggi dan bisa menjadi juara,” harapnya.

Pada kunjungan ini, Bupati ASA didampingi Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Sumardi, para kepala perangkat daerah, serta jajaran Pemerintah Kecamatan Sinjai Barat dan Pemerintah Desa Barania.

Selain mengunjungi lokus penilaian ADWI, orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini juga melakukan penanaman bibit kopi dan pohon pinus di atas lahan 1000 hektar, serta menggelar pertemuan tatap muka dengan masyarakat Kecamatan Sinjai Barat di Aula Kantor Desa Barania.

Bupati juga meninjau langsung jalannya pelayanan publik yang dilaksanakan di Kantor Desa Barania, seperti pelayanan kependudukan dan perizinan, serta melihat pelayanan kesehatan di Pustu yang ada di Desa Barania.

Perlu diketahui, Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat berhasil masuk pada kurasi 50 besar ADWI 2022. Sesuai ketentuan dari Kemenparekraf RI, desa yang lolos 50 besar akan dikunjungi langsung Menparekraf Sandiaga Uno. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Tanam Bibit Kopi dan Pohon Pinus di Atas Lahan 1000 Hektar di Barania Sinjai Barat
Next articlePuluhan Tahun Geluti Usaha Pandai Besi, Bupati ASA Bangga Terhadap 3 Ibu Rumah Tangga di Barania