Berhasil Jalankan Program AUTS, Mentan RI Anugerahi Bupati ASA Penghargaan

0
217

SINJAI, – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menganugerahi Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) penghargaan.

Penghargaan tersebut diterima Bupati ASA di Kantor Kementan RI didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, H. Burhanuddin, Selasa (23/8).

Kepala DPKH Sinjai, H. Burhanuddin, mengatakan penghargaan tersebut diberikan karena Pemkab Sinjai dibawah nahkoda Bupati ASA, telah berkomitmen menggratiskan iuran atau pembayaran program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) kepada peternak di Kabupaten Sinjai.

Penyiapan anggaran pembayaran asuransi ternak itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dimana, peternak tidak lagi mengeluarkan biaya untuk asuransi selama mengikuti program AUTS yang dikombinasikan dengan program Inseminasi Buatan (IB).

“Pak Bupati terima penghargaan dari Pak Mentan, terkait komitmen kita menggratiskan iuran AUTS peternak sapi,” kata H. Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, total iuran yang harus dibayar oleh setiap peternak jika mendaftar AUTS senilai Rp.200 ribu. Hanya saja Rp.160 ribu telah disubsidi melalui APBN. Lalu, Rp.40 ribu ditanggung Pemkab Sinjai dengan syarat setiap sapi harus disuntikkan IB.

Dengan begitu, peternak tidak perlu lagi memikirkan iuran AUTS yang harus dikeluarkan setiap tahunnya. “Program asuransi ini tidak lagi membebani peternak karena sudah digratiskan oleh pak Bupati. Rp.160 ribu oleh APBN dan Pemkab Sinjai menanggung Rp.40 ribu. Jadi betul-betul gratis,” jelasnya.

Oleh karena itu Mentan RI, SYL kata Burhanuddin mengarahkan agar program ini terus dilanjutkan. Sebab, sangat membantu peternak saat mengalami masalah dalam beternak sapi.

Jika sapi hilang akan diberikan biaya ganti senilai Rp.7 juta. Sementara sapi mati akan diberikan Rp.10 juta dari penyedia asuransi, yakni PT Jasindo.

Selain Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), Mentan SYL juga memberikan penghargaan yang sama kepada Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin.

“Sinjai dan Bantaeng yang dapat penghargaan karena hanya dua Kabupaten ini yang menggratiskan AUTS,” jelasnya. (Tim Website)

Previous articleBupati ASA Turut Berduka Cita, Salah Satu Dokter Terbaik di Sinjai Meninggal Dunia
Next articleSafari Dakwah, BKPRMI Undang Ustad Hilman Fauzi di Sinjai