Lepas Peserta Karnaval Pekan Merdeka Toleransi, Bupati ASA Serukan Pesan Persatuan

0
26

SINJAI, – Suatu proses pembangunan di dalam suatu wilayah akan mudah dijalankan jika seluruh komponen memiliki rasa persaudaraan dan persatuan yang dilandasi semangat toleransi dengan mengesampingkan perbedaan.

Hal itu juga menjadi pesan penting Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang menyerukan pentingnya merawat kerukunan dan selalu bersikap toleran.

Pesan tersebut dilontarkan ASA saat menjadi Pembina Apel Siaga Kebangsaan sekaligus melepas peserta Karnaval pada Pekan Merdeka Toleransi yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai di Lapangan Sinjai Bersatu, Sabtu (20/08/2022).

“Pekan Merdeka Toleransi merupakan momentum untuk mempererat persatuan. Saya berharap kerukunan yang telah terjalin selama ini harus selalu dirawat, dipertahankan dan dikokohkan,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Kemenag Sinjai melalui kegiatan Karnaval Merdeka Toleransi dengan menyatukan berbagai pihak dalam suasana keakraban.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kontribusi dan dukungan dari Kemenag yang telah membantu pemerintah daerah mewujudkan rasa persatuan dan semangat toleransi melalui karnaval yang dilaksanakan pada hari ini,” tandasnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Sinjai H. Jamaris melaporkan, Karnaval Merdeka Toleransi tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan.

Mulai dari siswa dan guru Madrasah, jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) 9 kecamatan, kelompok Majelis Taklim, Forum Kerukunan Umat Beragama, hingga organisasi kepemudaan di Sinjai.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan di 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel. Alhamdulillah, selama sepekan kita melakukan persiapan dan akhirnya bisa terlaksana hari ini. Mudah-mudahan bisa meningkatkan semangat teman-teman untuk terus merawat kerukunan,” katanya.

Pada pelaksanaan Karnaval Merdeka Toleransi ini, turut hadir para Forkopimda, Pimpinan Ormas Islam maupun Kristen yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Lewat karnaval ini, FKUB membacakan naskah Deklarasi Sinjai Bersatu yang ditandatangani langsung Bupati ASA bersama jajaran Forkopimda.

Para peserta Karnaval tampak menggunakan busana adat yang beragam, dan mengelilingi area Kota Sinjai, serta diiringi puluhan mobil hias. (Tim Website)

Previous articlePemkab dan Kodim 1424 Sinjai Ikuti Rakor PMK dengan Kepala BNPB
Next articleHari Maritim Nasional, Bupati ASA Ajak Masyarakat Jaga Potensi Laut yang Dimiliki Indonesia