spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMomentum HUT RI, PDGI Sinjai Lakukan Periksa Gigi Gratis di SDIT...

    Momentum HUT RI, PDGI Sinjai Lakukan Periksa Gigi Gratis di SDIT Thoriqul Jannah

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Masalah kesehatan gigi dan mulut seringkali terabaikan oleh kita. Bahkan, banyak yang meremehkan. Padahal kesehatan gigi dan mulut dapat mempengaruhi kualitas hidup, baik kesehatan umum maupun kehidupan sosial.

    Oleh karenanya, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Sinjai melaksanakan bakti sosial penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gigi dan mulut dikalangan pelajar.

    Dengan bekerjasama Devya Klinik dan klinik Adiva Sinjai, PDGI Cabang Sinjai melakukan pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Thoriqul Jannah yang beralamat di jalan Lamatti Kelurahan Bongki Kecamatan Sinjai Utara, Jumat (19/8/2022).

    Ketua Panitia Pelaksana, drg. H. Muhammad Tauhid mengatakan bahwa kegiatan yang bertema “Bangkitkan Senyum Anak Negeri” ini dilaksanakan dalam memeriahkan HUT Proklamasi RI ke 77 tahun.

    “Selain ini momentum hari kemerdekaan, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh PDGI Sinjai setelah terbentuk kepengurusan baru, ‘ jelasnya.

    Ia menambahkan kegiatan seperti ini ke depan pihaknya akan dilakukan secara bertahap di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sinjai.

    Ketua PDGI Sinjai drg. Nurfaisah mengatakan bahwa baksos ini dilaksanakan untuk membantu permasalahan yang terjadi pada gigi anak.

    Menurutnya, berdasarkan riset nasional permasalahan gigi pada anak masih mencapai tingkat kesakitan yang cukup tinggi yang mencapai 90 persen.

    “Hari ini kita libatkan seluruh dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan mulut dan gigi secara gratis pada anak. Dari hasil pemeriksaan seluruh siswa ditemukan sekitar 50 persen perlu dilakukan perawatan gigi selanjutnya seperti pencabutan dan penambalan. Kita sarankan untuk mendatangi sarana kesehatan,” jelasnya.

    Selain itu pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada seluruh siswa untuk mengedukasi bagaimana cara menyikat gigi dengan baik dan benar, kebiasaan buruk yang tidak boleh dilakukan dan hal-hal yang berhubungan kesehatan gigi dan mulut.

    Dokter spesialis periodonsia di RSUD Sinjai ini berharap melalui kegiatan ini dapat mengurangi angka kesakitan gigi dan mulut pada anak khususnya di Kabupaten Sinjai.

    Sementara itu, Kepala SDIT Thoriqul Jannah, Nurqalbi menyambut baik kegiatan yang digagas oleh PPDGI Sinjai, apalagi menurutnya kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya.

    “Semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin karena kita ketahui siswa terkadang enggan untuk dibawa orang tuanya ke dokter gigi karena takut. Tapi pemeriksaan hari ini mereka terlihat semangat,” ucapnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts