Hadirkan Industri Sapi Perah di Sinjai, Pemkab dan PT BAM Teken MoU

0
224

SINJAI, – Pemerintah Kabupaten Sinjai bersama dengan PT Bersaudara Agro Mandiri (BAM) menjalin kerjasama dan komitmen dalam pengembangan peternakan sapi perah dan industri susu terintegrasi di Kabupaten Sinjai.

Kerjasama ini dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dengan Direktur Utama PT Bersaudara Agro Mandiri Muhammad Kemal, di Ruang Kerja Bupati, Kantor Bupati Sinjai, Kamis (18/8/2022).

Ruang lingkup dari kerjasama ini meliputi pengembangan peternakan sapi perah dan industri susu terintegrasi yang menjadi potensi Kabupaten Sinjai dan pengembangan pengolahan serta pemasaran dari hasil peternakan.

Direktur Utama PT BAM, Muhammad Kemal menyampaikan terima kasih kepada Bupati ASA dan jajarannya sehingga tahapan awal kerjasama ini bisa ditindaklanjuti melalui MoU terkait pengembangan sapi perah di Kabupaten Sinjai.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini perekonomian daerah di Kabupaten Sinjai khususnya di sektor agribisnis, bisa semakin meningkat,” ucapnya.

Setelah adanya MoU ini, pihaknya akan segera menemui Kementerian Pertanian melalui Dirjen Peternakan dan Keswan untuk membicarakan tahapan-tahapan dan aspek teknis beserta studi kelayakan yang akan segera dilaksanakan di Kabupaten Sinjai.

“Kita akan melakukan studi kelayakan di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat untuk melihat potensi sapi perah yang ada di sana. Target awal kita 200 ekor termasuk kita akan bantu dalam penyiapan sarana infrastruktur yang ada,” jelasnya.

Tidak hanya dalam hal pengembangan sapi perah, PT. BAM juga akan membantu masyarakat setempat dalam memasarkan berbagai produk susu yang dihasilkan dari sapi perah tersebut.

“Jadi hasil olahan susu dari sapi perah ini bermacam-macam, ada dalam bentuk fresh milk, diolah menjadi keju dan sebagainya. Ini juga kita akan bantu dalam memasarkan melalui mitra-mitra perusahaan kami, ” tambahnya.

Sementara itu Bupati ASA mengaku bersyukur adanya investor yang berminat menjalin kerjasama dengan Pemkab Sinjai dalam pengembangan sapi perah.

Menurutnya, pengembangan sapi perah dan industri susu terintegrasi ini dapat memberikan multi efek terhadap masyarakat, sebab perekonomiannya akan semakin meningkat dengan terbukanya lapangan kerja baru.

“Tentu ini menjadi hal yang baik bagi peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi, akan membuka lapangan kerja nantinya karena akan melibatkan warga sekitar,” jelasnya.

Ia berharap bentuk kerjasama ini bisa semakin diperdalam kedepannya untuk mewujudkan Industri sapi perah di Kabupaten Sinjai.

“Di Sinjai Barat punya potensi pengembangan sapi perah karena sudah ada hasilnya dahulu, SDM yang ada juga di sana sudah mumpuni. Kita hanya butuh investasi dalam hal pembaharuan sarana dan prasarana serta jumlah sapi perah itu sendiri sehingga mudah-mudahan ini bisa membangkitkan kembali industri sapi perah yang ada di sana, ” harapnya.

Dalam pertemuan ini Bupati ASA turut didampingi oleh Sekda Sinjai Akbar Mukmin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab A. Ilham Abubakar serta beberapa Kepala OPD terkait. (Tim Website)

Previous articlePerkuat Sinergitas, Pemkab Sinjai dan DJKN Teken Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama
Next articleWujudkan Program ‘SIMANIS’, Penangkaran Benih Padi di Mattumpu Lakukan Panen Perdana