Asisten II Setdakab Sinjai Tutup “Sinjai Local Fest”, Berikut Jumlah Transaksi Selama Event Berlangsung

0
94

SINJAI, – Berlangsung selama 3 hari, event bertajuk “Sinjai Local Fest Vol. 2” yang digagas komunitas pemuda di Kabupaten Sinjai resmi berakhir.

Event tersebut ditutup oleh Asisten II Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar di panggung utama Sinjai Local Fest, Jalan Tondong Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (16/08/2022) malam.

Diawali laporan Ketua Panitia, Zainal Abidin Ridwan, pada kegiatan Sinjai Local Fest, Ada 53 tenant yang berdiri dan 36 UMKM dari para pelaku usaha lokal Sinjai.

“Dari 53 tenant dan 36 UMKM yang ambil bagian pada event ini, ada 192 transaksi non tunai selama pelaksanaan Sinjai Local Fest,” bebernya.

Selain itu, Zainal juga melaporkan selama pelaksanaan Sinjai Local Fest, jumlah nominal transaksi non tunai menggunakan kanal Quick Response Indonesian Standard (QRIS) sebesar Rp Rp8.052.500.

Sedangkan transaksi secara tunai nominalnya sebesar Rp29.961.000. Total transaksi yang terjadi, baik secara tunai maupun non tunai sebesar Rp38.013.500.

Hadirnya event ini mendapat apresiasi dan pujian dari Asisten II Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar yang mewakili Bupati Andi Seto Asapa (ASA) saat menutup Sinjai Local Fest.

“Kegiatan seperti ini mesti harus selalu hadir di Kabupaten Sinjai untuk menggeliatkan perekonomian, khususnya para pelaku UMKM agar bisa naik kelas,” katanya.

Ilham berharap, melalui event tersebut dapat membangkitkan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Ke depan, pemerintah daerah juga akan mengupayakan agar event seperti ini akan selalu terselenggara di Sinjai.

“Pemerintah daerah akan mengupayakan agar kegiatan yang sifatnya seperti ini bisa terus dilakukan. Apalagi situasi saat ini Covid-19 sudah mulai tidak ada, kita akan kembali mengadakan Expo, khususnya pada peringatan Hari Jadi Sinjai tahun 2023 mendatang,” harapnya.

Pada penutupan Sinjai Local Fest, hadir Kepala Bank Sulselbar Cabang Sinjai Muhammad Anas, para Kepala OPD, serta masyarakat umum.

Adapun rangkaian kegiatan selama pelaksanaan event ini, mulai dari penyelenggaraan lomba-lomba permainan tradisional, pameran produk lokal UMKM, talkshow ekonomi dan sosialisasi penggunaan QRIS sebagai kanal transaksi pembayaran digital, QRIS Sinjai Run 5 Km, serta pertunjukan seni yang melibatkan komunitas pemuda. (Tim Website)

Previous articlePekan Merdeka Toleransi, Bupati ASA Hadiri Dzikir Bersama di Jajaran Kemenag Sinjai
Next articleSukseskan “Gerakan 10 Juta Bendera”, Kesbangpol Sinjai Bagikan 1.700 Bendera Merah Putih