spot_img
Friday, March 29, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTerbaik I Sebagai Pengelola PIP, Disdik Sinjai Terima Penghargaan dari Kemendikbud Ristek

    Terbaik I Sebagai Pengelola PIP, Disdik Sinjai Terima Penghargaan dari Kemendikbud Ristek

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai kembali meraih prestasi yang membanggakan. Kali ini prestasi yang ditorehkan berupa penghargaan pengelola Program Indonesia Pintar (PIP) terbaik pertama tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

    Penghargaan ini diberikan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan ( Puslapdik ) kepada Disdik Sinjai atas keberhasilannya dalam pelaksanaan PIP pendidikan dasar dan menengah jenjang SD, SMP dan pendidikan kesetaraan tahun anggaran 2021.

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefrianto Asapa saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (12/8/2022) mengatakan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari peranan kepala sekolah, guru dan operator di sekolah dalam mengusulkan dan melakukan pengawasan bantuan dari Pemerintah demi memberikan layanan terbaik dalam pendidikan.

    Selain itu, keakuratan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan faktor terpenting untuk memetakan keberadaan murid-murid yang orangtua atau walinya kurang mampu dari segi biaya pendidikan.

    “Capaian ini kita bisa raih karena pengelolaan pelayanan kepada masyarakat baik dalam mengakses informasi PIP sampai siswa yang dapat bantuan PIP kita layani semaksimal mungkin,” jelasnya.

    Upaya ini kata Jefrianto, terbukti tidak ada lagi siswa di Sinjai yang berhak mendapatkan bantuan PIP tidak punya akses pelayanan.

    “Bahkan sampai ke stakeholder lain seperti di Dinas Sosial untuk mendapatkan kartu keluarga sejahtera (KKS) dan PKH yang menjadi syarat penerima bantuan sampai pengurusan di Dinas Dukcapil kita fasilitasi untuk mempermudah siswa agar bisa terdaftar sebagai penerima bantuan PIP, ” bebernya.

    Jefrianto menambahkan penghargaan tersebut diserahkan saat penutupan Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Validasi Data Program Indonesia Pintar di Hotel Claro Makassar pada tanggal 28 Juli 2022.

    Sekedar diketahui, PIP adalah program khusus dari pemerintah pusat untuk membantu anak sekolah yang berasal dari keluarga kategori kurang mampu atau miskin.

    Bantuan yang diberikan berupa bantuan finansial. Harapannya, dengan PIP anak dari keluarga kurang mampu tersebut lebih terjamin pendidikannya sehingga, angka putus sekolah bisa menjadi lebih ditekan.

    Khusus di Kabupaten Sinjai pada tahun 2021 lalu sebanyak sekitar 100 lebih siswa SD dan SMP di Sinjai yang mendapatkan bantuan ini. Program ini juga tetap berlanjut ditahun 2022 ini. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts